Bekerja di Perusahaan Besar Itu Banyak Keuntungan, Ini 6 Alasannya

Oleh Athika Rahma pada 28 Mei 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 28 Mei 2020, 07:00 WIB
Bekerja di Kantor
Perbesar
Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri, jumlah peminat yang melamar di perusahaan besar cenderung lebih banyak dibandingkan perusahaan kecil.

Hal ini tidak bisa lepas dari image perusahaan besar yang cukup baik, begitu pula dengan berbagai keuntungan yang bisa diperoleh karyawan.

Di mana keuntungan ini tidak ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan kecil. Kira-kira keuntungan seperti apa yang dimaksud?

Simak penjelasan keuntungan bekerja di perusahaan besar pada poin-poin di bawah ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Gaji dan Benefit yang Lebih Banyak

Gaji menjadi salah satu aspek yang kerap kali menjadi pertimbangan saat seseorang melamar kerja. Kebanyakan perusahaan besar menawarkan salary atau gaji yang lebih tinggi daripada perusahaan kecil, dimana perbedaan gajinya bisa mencapai jutaan.

Hal ini cukup wajar mengingat tingkat kerumitan kerja dan tanggung jawab yang dipikul oleh setiap karyawan juga lebih besar.

Di samping gaji, perusahaan besar juga kerap kali memberikan benefit tambahan yang lumayan menggiurkan.

Sebut saja bonus tahunan, THR, bonus performa kerja, upah lembur, jaminan kesehatan, dan fasilitas gym di kantor. Tak heran kalau banyak orang berlomba-lomba melamar di perusahaan besar, ya!

2. Pembagian Tugas yang Sudah Terstruktur

Sistem pembagian tugas di perusahaan besar terstruktur, sehingga setiap karyawan tahu apa yang menjadi tanggung jawabnya.

Apabila pekerjaan yang diberikan menyimpang dari job desk, maka karyawan bisa mengajukan protes kepada pimpinan.

Apalagi kalau tidak disertai dengan pemberitahuan dari jauh-jauh hari sebelumnya. Situasi ini cukup berbeda bila dibandingkan dengan perusahaan kecil, dimana karyawan bisa merangkap beberapa job desk sekaligus.

Sebab sumber daya yang ada di perusahaan kecil juga masih sedikit, sehingga pembagian tugas secara mandiri dan jelas agak lebih sulit dilakukan.

 


3. Ada Kesempatan untuk Berkembang

Bekerja di Kantor
Perbesar
Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

Karyawan mana yang tidak mau berkembang? Banyak perusahaan besar memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk mengembangkan diri, baik dengan mengikuti seminar, pelatihan atau kursus.

Bahkan bila Anda termasuk karyawan yang berprestasi dan beruntung, perusahaan bisa memberikan program beasiswa. Dan menariknya, seluruh biaya ini ditanggung oleh perusahaan.

Semua pemberian ini dimaksudkan guna menambah ilmu dan meningkatkan kapabilitas, sehingga karyawan bisa memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan. Dengan demikian, perusahaan bisa meraih kesuksesan yang lebih baik lagi di masa mendatang.

4. Jaringan Bisnis yang Lebih Luas

Jaringan bisnis yang dimiliki perusahaan besar tidak boleh dipandang sebelah mata, karena jaringan ini cukup luas bahkan melebihi perkiraan karyawan.

Bukan hanya dengan klien, tapi jaringannya juga dengan perusahaan partner, pemilik modal, dan pihak bank.

Hal ini menjadi keuntungan tersendiri yang pastinya tidak akan didapatkan bila hanya bekerja di perusahaan kecil.

Jaringan yang luas membuka kesempatan bagi setiap karyawan untuk menjalin relasi dengan orang-orang baru dan hebat.

Bila beruntung, karyawan bisa saja dilirik oleh perusahaan partner dan dijadikan sebagai seorang pemimpin di sana. Sangat menggiurkan, bukan?

 


5. Lebih Dipertimbangkan saat Ini ketika Mencari Kerja di Tempat Baru

Lowongan Pekerjaan
Perbesar
Ilustrasi Kerja (iStockphoto)

Perusahaan besar cenderung memiliki image baik di masyarakat yang secara langsung akan berpengaruh pada image karyawannya.

Sangat menguntungkan memang, karena usaha Anda untuk meyakinkan suatu perusahaan tidak sebesar usaha yang dilakukan oleh pelamar yang bekerja di perusahaan kecil.

Perusahaan yang baru akan beranggapan kalau Anda punya kapabilitas yang lebih baik, sehingga peluang untuk diterima bekerja pun akan semakin terbuka lebar.

Manfaatkan keuntungan ini sebaik mungkin demi kemajuan karier. Miliki prinsip kalau kesempatan tidak datang dua kali, sehingga Anda tidak seenaknya membuang kesempatan karena beranggapan kalau kesempatan yang lebih baik akan segera datang.

6. Potensi untuk Bangkrut Cukup Kecil

Perusahaaan besar atau kecil, keduanya bisa saja mengalami kebangkrutan. Namun potensi kebangkrutan perusahaan besar jauh lebih kecil, karena modal yang dimilikinya pun lebih besar.

Bahkan bila kehabisan modal sekalipun, masih banyak peminjam yang dengan senang hati menawarkan sejumlah modal kepada perusahaan.

Dengan demikian, perusahaan masih bisa menjalankan kegiatan operasional seperti biasa. Sebagai karyawan, hal ini tentu memberikan rasa lega, terutama bila peristiwa besar yang mempengaruhi roda perekonomian menimpa negara ini.

Anda tidak perlu takut bila tidak digaji apalagi sampai dipecat. Selagi kontribusi yang diberikan kepada perusahaan tetap bagus, percayalah kalau kehadiran Anda akan selalu dipertimbangkan.

Pantaskan Diri sebelum Bekerja di Perusahaan Besar Melihat beberapa keuntungan di atas, apakah Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan besar?

Bila jawabannya ya, pastikan Anda menyiapkan diri secara mantap untuk mengikuti deretan seleksi yang diberlakukan oleh perusahaan.

Ingat, seleksinya tidak mudah ditambah jumlah pesaing yang juga tidak sedikit. Semoga dengan segala persiapan dan usaha, Anda dinyatakan pantas dan bisa diterima bekerja di perusahaan besar yang diidam-idamkan, ya!

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya