Sukses

Dari 10 Bidang Inilah Orang Terkaya Dunia Banyak Lahir

Banyak dari mereka mampu mengubah berbagai ide berbeda menjadi bisnis bernilai miliaran dolar melalui beberapa sektor.

Liputan6.com, Jakarta Dunia melahirkan banyak orang-orang yang menuai keberuntungan hingga didaulat sebagai miliarder atau orang terkaya di planet ini.

Kekayaan yang diraih para orang terkaya dunia ini bersumber dari kerja keras, baik yang dilakukan sendiri maupun hasil keringat dari pendahulunya.

Banyak dari mereka mampu mengubah berbagai ide berbeda menjadi bisnis bernilai miliaran dolar dari berbagai sektor atau bidang.

Laporan dari firma riset Wealth-X, menganalisis database ribuan orang di seluruh dunia yang mampu memiliki kekayaan bersih lebih dari USD 5 juta. Laporan ini bertajuk 2020 Decades of Wealth report.

Berdasarkan laporan Weakth-X seperti melansir laman Businessinsider, Selasa (26/5/2020), berikut 10 sektor atau bidang lahirnya para miliarder di dunia:

10. Makanan dan minuman (food & baverages/f&b)

Menurut Wealth-X, hanya 3,8 persen dari orang kaya yang menghasilkan kekayaan melalui sektor ini. Daniel Lubetzky, merupakan salah satu miliarder yang sumber kekayaannya berasal dari sektor f&b.

Ia menciptakan bar KIND pertama setelah mencoba snack bar yang dibuat dari buah-buahan dan kacang-kacangan utuh saat dalam perjalanan bisnis di Australia.

Sejak itu dia mampu membangun kekayaan USD 1,2 miliar dengan menjual bar dan makanan ringan lainnya.

9. Konstruksi dan teknik

James Dyson adalah satu dari 3,9 persen orang kaya yang menghasilkan kekayaan dari konstruksi atau teknik.

Dyson menemukan penyedot debu tanpa kantong pertama di dunia pada tahun 1986 dan sejak itu bercabang ke peralatan lain. Upayanya menghasilkan kekayaan bersih sebesar USD 6,1 miliar

8. Perhotelan dan hiburan

Sebanyak 4,1 persen orang kaya yang sumber penghasilannya berasal dari sektor perhotelan dan hiburan.

Guy Laliberté, membangun kekayaan USD 1,2 miliar setelah mendirikan rombongan sirkus yang berbasis di Montreal menjadi kerajaan hiburan bernilai miliaran dolar yang dikenal sebagai Cirque du Soleil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7. Manufaktur

Menurut Wealth-X , Hanya 4,1 persen dari orang kaya memperoleh kekayaan mereka dari sektor manufaktur.

Kelompok itu termasuk Diane Hendricks, yang meraup untung USD 8,9 miliar dari pembuatan atap, jendela, dan produsen berpihak ABC Supply.

6. Teknologi

Miliarder teknologi seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Larry Page, mungkin adalah beberapa anggota paling terkenal di dunia, tetapi relatif sedikit orang kaya yang menghasilkan uang dari bidang teknologi.

Sektor ini hanya menyumbang 4,7 persen orang-orang yang meraih kekayaan bersih lebih dari USD 5 juta.

5. Perawatan Kesehatan

Sebanyak 4,9 persen dari orang kaya dengan kekayaan lebih dari USD 5 juta menghasilkan uang di industri kesehatan.

Seperti Ernesto Bertarelli, orang terkaya di Swiss, yang meraih kekayaannya dari saham di perusahaan farmasi Serono.

 

3 dari 3 halaman

4. Real estate

Menurut Wealth-X, 5,4 persen orang kaya menghasilkan uang dari real estate. Dengan kekayaan bersih sebesar USD 7,6 miliar, Stephen Ross menjadi salah satu pengembang real estat terkaya di Amerika menurut catatan The Real Deal pada 2019.

3. Organisasi nirlaba dan sosial

Lebih dari 7 persen orang kaya memiliki kekayaan yang berasal dari organisasi nirlaba. Namun, banyak dari mereka awalnya membuat kekayaan mereka di tempat lain, seperti Bill dan Melinda Gates.

2. Layanan bisnis dan konsumen

Lebih dari 16 persen orang kaya membuat kekayaan mereka melalui bisnis dan layanan konsumen.

Salah satunya David Steward, yang mendirikan World Wide Technology, sebuah perusahaan layanan TI yang telah menghasilkan lebih dari USD 11 miliar dalam penjualan, dan menghasilkan USD 3,5 miliar kekayaan.

1. Perbankan dan keuangan

Menurut Wealth-X, lebih banyak orang kaya bekerja di sektor perbankan dan keuangan daripada industri lain.

CEO JPMorgan, Chase Jamie Dimon adalah salah satu di antara 22,6 persen orang kaya yang memiliki kekayaan senilai lebih dari USD 5 juta yang berasal dari sektor keuangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini