Sukses

Tensi AS-China Memanas Bikin Harga Minyak Anjlok 2 Persen

Harga minyak jatuh pada hari Jumat di tengah meningkatnya ketegangan AS dan China

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak jatuh pada hari Jumat di tengah meningkatnya ketegangan AS dan China dan keraguan tentang seberapa cepat permintaan bahan bakar akan pulih dari krisis virus corona.

Permintaan bahan bakar anjlok ketika pandemi virus corona menyebabkan pemerintah memberlakukan pembatasan pergerakan dan bisnis menutup pintu mereka.

Minyak telah rally dalam beberapa hari terakhir karena aktivitas mulai kembali, tetapi harga turun setelah China mengatakan pada hari Jumat bahwa ia tidak akan mempublikasikan target pertumbuhan ekonomi tahunan untuk pertama kalinya. 

"Virus Corona telah membatalkan satu dekade pertumbuhan permintaan minyak global dan pemulihan akan lambat," kata Stephen Brennock dari broker PVM.

DIkutip dari laman CNBC, Sabtu (23/5/2020), harga minyak mentah Brent turun 93 sen, atau 2,58 persen, menjadi USD 35,13 per barel, setelah naik hampir 1 persen pada hari Kamis.

Minyak mentah West Texas Intermediate turun 67 sen, atau 1,98 persen, menjadi menetap di USD 33,25 per barel, setelah naik lebih dari 1 persen di sesi terakhir.

China akan memberlakukan undang-undang keamanan nasional baru di Hong Kong setelah kerusuhan pro-demokrasi tahun lalu, seorang pejabat Cina mengatakan pada hari Kamis. Hal ini membalas peringatan dari Presiden Donald Trump bahwa Washington akan bereaksi sangat kuat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemungkinan Gelombang Kedua Virus Corona

Minyak mentah Brent dan A.S. masing-masing ditetapkan untuk kenaikan mingguan 8 persen dan 12 persen, tetapi beberapa mengatakan mereka mungkin telah melangkah terlalu jauh, terlalu cepat.

"Gelombang kedua (dari coronavirus) bukanlah suatu kemungkinan yang jauh dan suatu penguncian baru dapat mengirim harga kembali ke tingkat yang jauh lebih rendah dengan sangat cepat, dan pasar mengetahuinya," kata analis pasar minyak senior Rystad Energy Paola Rodriguez Masiu.

Harga minyak telah anjlok lebih dari 40 persen sejauh ini pada tahun 2020, rebound sebagian karena upaya OPEC + untuk mengurangi pasokan. Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutu, yang dikenal sebagai OPEC +, mengurangi pasokan dengan rekor 9,7 juta barel per hari dari 1 Mei untuk mendukung pasar.

Sebagai tanda pelonggaran kelebihan pasokan, persediaan minyak mentah AS turun minggu lalu.

Permintaan bensin meningkat dan beberapa maskapai penerbangan merencanakan kembalinya perjalanan Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini