6 Tips Sukses Berkarir buat Sarjana Baru

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 23 Mei 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 23 Mei 2020, 06:00 WIB
4 Cara Jitu Raih Beasiswa di Universitas Ternama

Liputan6.com, Jakarta Setelah lulus kuliah, kini saatnya memasuki dunia kerja. Menapaki karir sebagai seorang sarjana baru bukanlah perkara mudah. Akan ada banyak tantangan yang kamu hadapi ke depannya. Tetapi, tidak perlu khawatir karena semuanya bisa dipersiapkan dari sekarang.

Meraih kesuksesan dalam berkarir memang membutuhkan proses panjang. Jadi, ada baiknya kamu sebagai sarjana baru mempersiapkannya dengan baik dan matang.

Lalu bagaimana tips untuk sukses berkarir sebagai sarjana baru? Berikut tips karir yang bisa disimak untuk para sarjana baru yang sudah dirangkum oleh Cermati.com, Sabtu (23/5/2020).

1. Kenali dulu Kemampuan Diri Sendiri

Sudah menjadi sarjana bukan berarti sudah mengerti kemampuan yang ada pada diri. Seringkali banyak yang masih meraba-raba apa yang menjadi keunggulan dirinya sendiri.

Semakin cepat dan memahami keunggulan yang dipunya maka semakin mudah pula kamu memulai karirmu.Coba kenali lebih dalam lagi kemampuan yang kamu miliki sebelum memutuskan karir apa yang ingin ditekuni dan hal apa saja yang paling kamu kuasai.

2. Telah Memiliki Mental Siap Kerja

Memiliki mental siap kerja juga sangat penting bagi persiapan awal berkarir. Memiliki mental yang siap kerja juga dapat menumbuhkan rasa optimis serta semangat. Efeknya kamu bisa lebih bersikap positif disaat proses berkarirmu nanti.

Siapkan nyali saat menghadapi dunia kerja. Kedepannya tentu kamu akan menghadapi banyak hal yang tentu membuatmu bisa tertekan.

Tugas yang menumpuk, dimarahi bos hingga ketidakcocokan dengan partner kerja hanyalah contoh kecilnya saja. Nah, untuk itu kamu harus mempersiapkannya dari awal agar bisa mengontrol diri dan tidak cepat drop.

 

2 dari 3 halaman

3. Persiapkan Pola Pikir Kerja yang Tepat

Kampus
ilustrasi Foto Kampus (iStockphoto)

Pola pikir atau mindset akan menjadi hal penting berikutnya yang harus kamu persiapkan.

Coba renungi apa tujuan kamu dalam bekerja. Untuk apakah kamu bekerja dan bagaimana pekerjaan yang kamu impikan.

Untuk memulai karir, memiliki pola pikir yang tepat menjadi salah satu kunci kesuksesan terutama untuk para sarjana baru.

Ubahlah pola pikirmu yang menganggap karir sebagai tujuan menjadi sebuah proses untuk tujuan yang lebih hebat lagi.

Tidak ada karir yang langsung sempurna. Apalagi bagi yang baru memulainya. Maka nikmati proses yang ada. Kesalahan, kegagalan itu biasa. Jadikan motivasi untuk memperbaiki diri. 

4. Mengetahui Tujuan Bekerja

Apakah tujuan bekerja? Apakah hanya uang yang menjadi motivasi utama? Atau karena perusahaan yang kamu pilih adalah perusahaan besar dan terkenal? Apakah hanya untuk sekedar mencari pengalaman?

Setelah mengetahui apa saja tujuan dalam bekerja, maka kamu bisa memilah milih perusahaan mana yang cocok dengan tujuan.

Misalnya kamu ingin pekerjaan dengan gaji tinggi namun kamu tidak bisa bekerja di luar kota dengan alasan tertentu. Maka kamu bisa memilih perusahaan yang sesuai dengan tujuanmu itu.

Dengan telah mengetahui tujuan bekerjamu apa saja maka dapat mempermudah percepatan karir yang kamu impikan. Kamu juga bisa lebih fokus meraih apa yang sudah kamu rencanakan. Namun, tetap harus diingat bahwa bekerja bukanlah menjadi tujuan tapi sebuah proses.

 

 

3 dari 3 halaman

5. Perluas Jaringan

Kampus
ilustrasi Foto Kampus (iStockphoto)

Bukan hanya untuk para sarjana baru saja, memperluas jaringan sangatlah bermanfaat bagi siapa saja. Terutama bagi sarjana baru, memiliki jaringan luas akan sangat membantu dalam memudahkan untuk mencari kerja.

Membangun jaringan luas ini bisa dimulai dari sejak kuliah. Memperbanyak teman organisasi hingga komunitas bisa membantu kamu mendapatkan banyak informasi. Bangun hubungan baik dengan orang yang kamu kenal. Saling bertukar informasi atau kabar terutama tentang pekerjaan.

6. Memiliki Sikap Pantang Menyerah 

Ketika mencoba melamar kerja artinya sudah siap juga untuk menghadapi penolakan. Ditolak berkali-kali sebelum akhirnya diterima bekerja disebuah perusahaan adalah hal yang normal untuk par fresh graduate yang baru akan meniti karir.

Salah satu kunci karir sukses adalah tidak takut gagal. Itu artinya kamu harus memiliki sikap yang penuh semangat dan pantang menyerah. Selalu mau mencoba karena sadar bahwa setiap proses tentu memiliki pelajarannya masing-masing.

Kegagalan akan membentukmu menjadi pribadi yang lebih tangguh. Selain itu juga kamu bisa belajar dari pengalaman gagalmu sebelumnya.

Karir Sukses Bagi Sarjana Baru

Sukses adalah keinginan semua orang. Kesuksesan juga hak bagi semua orang, termasuk untuk sarjana baru. Ada banyak kiat sukses bagi sarjana baru. Kamu bisa mempraktekkannya.

Yang perlu disadari adalah kesuksesan membutuhkan proses panjang. Termasuk sukses dalam berkarir.

Bagi sarjana baru yang juga baru memulai berkarir ada baiknya mempersiapkannya terlebih dahulu. Jika bisa jauh-jauh hari sebelum mereka menjadi sarjana harusnya sudah memiliki kesadaran akan hal ini.

Lanjutkan Membaca ↓