Sukses

PPI Siap Datangkan 50 Ribu Ton Gula ke Indonesia Akhir Juni 2020

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT PPI) siap memasok 50 ribu ton gula kristal putih secara bertahap

Liputan6.com, Jakarta - BUMN PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT PPI) siap memasok 50 ribu ton gula kristal putih secara bertahap hingga minggu ke-4 Juni 2020 ke Indonesia.

Adapun, importasi gula akan dimulai dari pelabuhan Belawan di Medan, kemudian Tanjung Perak di Surabaya, Bitung di Sulawesi Utara, Tanjung Priok di Jakarta, Soekarno Hatta di Makassar dan Tanjung Emas di Semarang.

"Gula sudah masuk pelabuhan Belawan dan juga nanti masuk ke pelabuhan yang sudah kami tentukan," ujar Direktur Utama PT PPI Fasika Khaerul Zaman dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Rabu (20/5/2020).

Adapun, masing-masing pelabuhan memiliki jumlah kuota gula yang berbeda berdasarkan kebutuhan.

Nantinya, gula tersebut akan didistribusikan untuk memenuhi pasokan jelang Lebaran hingga pasca Lebaran untuk menstabilkan harga di pasaran serta mengantisipasi terjadinya kekurangan stok gula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perasi Pasar

Fasika bilang, minggu ini, PT PPI juga akan melakukan operasi pasar di Medan untuk menekan harga gula agar dijual sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yaitu sebesar Rp 12.500 per kg. Adapun, harga gula di Medan saat ini menyentuh angka Rp 19 ribu per kg.

"Minggu ini secara bertahap kami akan melakukan operasi pasar di Medan untuk menjaga ketersediaan dan juga menstabilkan harga gula sesuai dengan HET pemerintah. Kami juga akan terus memantau pendistribusiannya ke setiap daerah selanjutnya," ujar Fasika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.