Sukses

Tak Ada Pembatasan, Truk Logistik Tetap Beroperasi saat Lebaran

Di tahun ini pemerintah tidak melakukan pembatasan operasional truk logistik seperti yang dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Arus logistik di pada Lebaran 2020 dipastikan lancar. Alasannya, di tahun ini pemerintah tidak melakukan pembatasan operasional truk logistik seperti yang dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. 

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita mengatakan, pengiriman logistik akan tetap berjalan seperti biasanya, termasuk pada saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

“Masih kita lakukan, tidak ada larangan truk logistik seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Zaldy kepada Liputan6.com, Selasa (19/5/2020).

Lanjut Zaldy, ALI tidak ada perkiraan kenaikan jumlah pengiriman logistik pada Lebaran kali ini, seperti Lebaran pada tahun-tahun berikutnya.

“Kalau secara overall logistik untuk Lebaran kali ini tidak ada kenaikan seperti tahun sebelumnya,” ujarnya.

Kendati begitu, sebelumnya ketika mulai muncul pandemi virus Corona atau covid-19 di Indonesia, membuat sektor logistik mengalami penurunan hingga 40-50 persen akibat kendala sebagian wilayah di Indonesia yang sudah menerapkan lockdown mandiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Naik Lagi saat Lebaran

Namun, memasuki bulan Ramadan pengiriman logistik kembali alami kenaikan rata-rata sebesar 80 persen untuk pengiriman makanan.

Sedangkan untuk logistik Business to Business (B2B) yakni model penjualan yang terjadi antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya dalam sektor manufaktur dan ritel, ia menyebut masih normal belum terlihat adanya kenaikan dalam masa bulan Ramadan dan menjelang lebaran.

“Karena masih berlakunya PSBB dan larangan mudik. Sedangkan logistik untuk B2B masih normal, belum ada kenaikan seperti bulan Ramadan tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini