Sukses

Pengusaha Pemula, Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Lancar

Banyak bisnis kecil-kecilan yang dijalankan saat pandemi, jika mau ikutan jadi pengusaha, pahami dulu lima hal ini!

Liputan6.com, Jakarta Tanpa disadari sekarang banyak banget lho orang yang mulai berbisnis. Bisa dibilang, bisnis yang mereka jalankan di tengah pandemi ini merupakan usaha yang dijalankan kecil-kecilan. 

Bisnis kecil-kecilan yang mereka jalankan itu sederhana dan bisa dilakukan dari rumah. Nah sebenarnya, kamu juga bisa kok mengambil peluang itu untuk berbisnis. Tapi sebelum mulai menjalankan usaha, niat untuk mendapat penghasilan tambahan aja masih belum cukup. Ada 5 hal penting yang wajib kamu pahami sebagai pengusaha pemula, seperti berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Target Pasar

Pertama pastikan kamu tahu siapa target pasar yang akan dituju. Hal ini karena akan mempermudahmu, untuk menentukan produk apa yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen. 

Misalnya apakah target pasarmu para ibu rumah tangga, anak kost, atau pekerja kantoran yang hectic bekerja dari rumah. Jadi, dengan menentukan target pasar ini, kamu akan memiliki konsumen dengan daya beli yang cukup potensial. 

3 dari 6 halaman

2. Diferensiasi Produk

Nggak ada salahnya kamu memasarkan produk yang sama dengan pelaku usaha lainnya. Di poin dua ini yang paling penting adalah menonjolkan perbedaan yang mencolok dari produkmu dengan kompetitor. Diferensiasi produk dapat berasal dari berbagai faktor, mulai dari kualitas, keistimewaan, daya tahan, hingga desain yang istimewa yang melekat pada produk. 

4 dari 6 halaman

3. Dokumentasi Produk

Orang akan tertarik ketika melihat sebuah barang atau produk yang indah dipandang mata. Ketika membangun usaha kecil-kecilan dari rumah, pastikan kamu juga memberikan yang terbaik untuk konsumen bukan sekadar dari kualitas rasa saja. Maka dari itu, pikat pembeli dengan foto atau konten menarik yang kamu unggah di sosial media. 

5 dari 6 halaman

4. Promo

Tak hanya masa pandemi, di waktu normal pun banyak orang yang mengincar promo dari produk yang akan dibelinya. Jika ingin usahamu lancar, cobalah untuk memberikan promo menarik. Misalnya buy 1 get 1, jasa antar gratis dengan radius tertentu, atau potongan harga untuk setiap pembelian minimal. 

 

6 dari 6 halaman

5. Kelola Keuangan

Nah ini adalah kunci keberhasilan bisnismu! Pengaturan atau pengelolaan keuangan menjadi faktor penting dalam sebuah bisnis karena berkaitan dengan keputusan pembiayaan modal untuk melanjutkan usaha. Coba bayangkan, jika kamu tak pandai mengelola keuangan, bisa-bisa akan terjadi selisih atau minus karena metode penghitungan manual yang berantakan. 

Tapi kondisi itu nggak akan terjadi, jika kamu memanfaatkan dompet digital seperti DANA. Ya, DANA merupakan alat pembayaran digital yang memiliki banyak keuntungan dan kemudahan untuk para penggunanya. 

Salah satu kemudahannya adalah DANA Bisnis. DANA Bisnis merupakan solusi pembayaran nontunai (cashless) untuk memudahkan para pelaku usaha atau UMKM, dalam meningkatkan produktivitas usahanya. 

Buat kamu yang akan dan sedang menjalankan usaha dari rumah, cocok banget jika mengandalkan DANA Bisnis karena memiliki fitur eksklusif yang bikin usahamu bakal laris manis. Pastikan kamu sudah menjadi DANA Premium saat kamu mendaftar DANA Bisnis di aplikasi DANA. Berikut fitur-fitur eksklusif DANA Bisnis yang bisa kamu manfaatkan:

1. DANA QRIS Bisnis

Dari namanya aja Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), artinya proses pembayaran bisa jadi lebih cepat, mudah, dan keamanan lebih terjamin. Menariknya, kamu bisa cetak sendiri DANA QRIS langsung dari aplikasi DANA.

Selain memudahkanmu, juga memudahkan para pelangganmu untuk membayar menggunakan berbagai aplikasi pembayaran digital apa saja. Bayar jadi lebih praktis!

2. Bayar Via Link

Fitur ini cocok banget digunakan di masa pandemi seperti sekarang ini. Ketika memiliki jasa pesan antar, kamu bisa minta pembayaran via link ke pelanggan, bisa dibagikan lewat aplikasi pesan atau sosial media. 

3. Tarik Saldo DANA Bisnis

Semua pembayaran atau transaksi usahamu akan langsung masuk ke Saldo DANA Bisnis. Nah sejumlah uang yang sudah masuk itu, bisa kamu tarik kapan saja, baik ke Saldo DANA atau langsung ke nomor rekening bank milikmu yang terdaftar di DANA Bisnis. 

4. Cek Transaksi

Pakai DANA Bisnis, kamu dijamin nggak bakal kewalahan ngurusin setiap pemasukan dan pengeluaran, termasuk nyari data-data transaksi. Fitur ini akan memudahkanmu untuk rekap transaksi sekaligus melihat status pembayaran. Caranya, kamu hanya perlu pilih tanggal transaksi di tanggal yang diinginkan. Voila! Semua transaksi secara spesifik muncul dalam sekejap. 

Sekarang kamu sudah tahu kan 5 hal penting dalam berbisnis. Ditambah kamu akan makin sukses ketika memilih DANA sebagai metode pembayaran. Selain praktis dan efisien, bergabung dengan DANA Bisnis nyatanya memang bikin usahamu lancar dan laris manis. Yuk gabung dengan DANA Bisnis sekarang! 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.