Sukses

Bandara Soetta Layani 3.196 Penumpang Hari Ini

Bandara Soetta dijadwalkan melayani 95 penerbangan (take off dan landing) di rute domestik dan internasional pada hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Internasional Soekarno-Hatta dijadwalkan melayani 95 penerbangan (take off dan landing) di rute domestik dan internasional pada hari ini, Sabtu, 16 Mei 2020.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Sabtu (16/5/2020), memaparkan bahwa di Terminal 2, jadwal keberangkatan untuk rute domestik direncakan sebanyak 20 penerbangan dan kedatangan 21 penerbangan.

Adapun maskapai yang beroperasi di terminal ini adalah Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, NAM Air dan Citilink.

Sementara itu, di Terminal 3 untuk seluruh rute domestik dioperasikan oleh Garuda Indonesia dengan rencana jadwal keberangkatan 17 penerbangan dan kedatangan 18 penerbangan.

“Seluruh proses keberangkatan di Terminal 2 dan Terminal 3 sejak pagi tadi berjalan lancar di mana dilakukan antrean dengan tetap mengedepankan physical distancing,” kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Sabtu (16/5/2020).

Untuk rute internasional dioperasikan berbagai maskapai dengan rencana keberangkatan sebanyak 10 penerbangan dan kedatangan sembilan penerbangan.

Berdasarkan laporan maskapai, jumlah penumpang dari 95 penerbangan yang direncanakan hari ini adalah 3.196 penumpang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antrean Penumpang Membludak, Penerbangan di Bandara Soetta Dibatasi

PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai pengelola Bandara Soekarno-Hatta menerapkan kebijakan baru dalam mengatur lalu lintas di bandara, meliputi pembatasan penerbangan, pembaruan sistem antrian, dan penegasan jumlah penumpang maksimal.

President Director AP II Muhammad Awaluddin menyatakan, kebijakan tersebut segera diterapkan mulai hari ini, Jumat (15/5/2020).

"Kami telah melakukan evaluasi dan kemudian mengimplementasikan kebijakan baru. Pada pagi hari ini, 15 Mei 2020, proses keberangkatan penumpang di rute domestik berjalan lancar di Soekarno-Hatta, baik itu di Terminal 2 dan 3," ujar Awaluddin dalam keterangan resmi, Jumat (15/5/2020).

Lalu, slot penerbangan dibatasi menjadi hanya 5 hingga 7 penerbangan per jam khususnya di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta agar lalu lintas orang tidak terlalu menumpuk di jam-jam tertentu.

Sebagai informasi, saat ini terdapat 200 penerbangan tiap harinya di Bandara Soekarno-Hatta.

Untuk sistem antrean penumpang di Terminal 2 disediakan 4 posko. Posko pertama adalah verifikasi dokumen calon penumpang yang dilakukan di curb side atau menjelang pintu masuk gedung terminal. Posko kedua di dalam gedung terminal adalah tempat tempat calon penumpang mengisi dokumen kartu kewaspadaan kesehatan atau Health Alert Card (HAC) dan formulir epidemiologi, serta pengukuran suhu tubuh.

Setelah itu calon penumpang memasuki pos pemeriksaan pertama (SCP I) untuk kemudian dilakukan verifikasi surat kesehatan dan dilakukan tes kesehatan oleh personel Kantor Kesehatan Pelabuhan. Kemudian calon penumpang menuju konter check in untuk verifikasi seluruh dokumen dan memproses check in.

3 dari 3 halaman

Proses Verifikasi Dokumen

Calon penumpang diharapkan dapat memahami proses verifikasi dokumen yang memang membuat proses keberangkatan tidak secepat di dalam kondisi normal. Calon penumpang juga diminta untuk mengikuti tanda yang ada guna mewujudkan physical distancing.

"Melalui sistem antrean yang baru ini, flow penumpang pagi ini sangat lancar ketika memproses keberangkatan domestik di Terminal 2. Secara umum, prosedur keberangkatan domestik juga sama dilakukan di Terminal 3 hanya saja dilakukan penyesuaian sesuai dengan bentuk terminal. Kami berharap situasi ini tetap terjaga," jelas Awaluddin.

Lalu, Awaluddin juga menegaskan bahwa jumlah penumpang yang terisi di dalam pesawat hanya boleh maksimal 50 persen saja, mengacu pada Permenhub 18/2020.

"Pembatasan slot penerbangan per jam dan maksimal 50 persen jumlah penumpang yang diangkut pada setiap penerbangan cukup vital juga dalam menjaga kelancaran dan physical distancing saat proses keberangkatan," katanya.

Sebagai informasi, pada hari ini, 15 Mei 2020, rencana keberangkatan rute domestik di Terminal 2 Soekarno-Hatta adalah Lion Air (1 penerbangan), Batik Air (15 penerbangan), Citilink (9 penerbangan).

Sementara untuk kedatangan rute domestik di Terminal 2 dilakukan oleh Lion Air (2 penerbangan), Batik Air (15 penerbangan), Citilink (10 penerbangan).

Sedangkan di Terminal 3, terdapat rencana keberangkatan rute domestik oleh Garuda Indonesia (29 penerbangan) dan kedatangan rute domestik Garuda Indonesia (29 penerbangan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini