Bingung Cari Kerja di Tengah Pandemi, Ayo Dicoba 7 Strategi Ini

Oleh Tira Santia pada 16 Mei 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 16 Mei 2020, 07:00 WIB
Job Fair

Liputan6.com, Jakarta Saat ini ekonomi terpukul karena dampak dari pandemi Covid-19. Banyak bisnis menderita kerugian besar setelah ditutup, dan ribuan orang lainnya menganggur sebagai akibat dampak covid-19.

Jika tiba-tiba menemukan diri Anda menganggur dan tidak siap menghadapi masa depan yang dekat, ini bukan akhir dari segalanya.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menyesuaikan diri dengan situasi saat ini dan membuat karier kembali ke jalurnya selama masa-masa yang tidak pasti ini, dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com, Sabtu (16/5/2020).

1. Atur jadwal untuk pencarian kerja 

Tetapkan serangkaian tujuan yang jelas dari cara memposisikan resume dan kehadiran online, hingga cara memprioritaskan kontak jaringan.

Tetapkan waktu di kalender Anda setiap hari untuk sepenuhnya didedikasikan untuk mencari pekerjaan. Meskipun mencari pekerjaan bisa menjadi perjalanan yang panjang, usahakan Anda tetap termotivasi, sehingga akan membuat Anda tetap pada jalurnya dari awal hingga selesai.

Sangat penting untuk menetapkan tujuan kecil seperti memperbarui resume Anda dan profil jaringan serta kegiatan jejaring lainnya untuk memastikan Anda tidak merasa kecil hati atau kewalahan oleh upaya mencari pekerjaan.

2. Perkuat koneksi jaringan 

Jaringan tidak selalu tentang meminta seseorang untuk suatu pekerjaan. Bisa dengan menanyakan koneksi untuk informasi yang dapat membantu dalam pencarian pekerjaan, yakni untuk membangun koneksi baru atau membangun hubungan.

Anda bahkan dapat menggunakan resume sebagai alat untuk memperkuat jaringan dengan mencari umpan balik tentang bagaimana meningkatkannya lebih lanjut.

Selalu ucapkan “terima kasih” karena menciptakan hubungan yang tulus dan peduli adalah pilar untuk memperkuat koneksi jaringan.

 

2 dari 3 halaman

3. Cari perusahaan yang berpotensi tumbuh

Lowongan Pekerjaan
Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Ini adalah salah satu waktu terbaik untuk meneliti dan menerapkan pada perusahaan yang telah beradaptasi dengan baik terhadap wabah Covid-19 dan juga diposisikan secara unik untuk memberikan manfaat bagi mereka yang bekerja dari rumah.

Sebagian besar perusahaan teknologi dilengkapi untuk mengalihkan peran kantor mereka ke pekerjaan jarak jauh untuk menjaga bisnis mereka tetap berjalan seperti biasa.

Mungkin Anda bisa mencoba mencari perusahaan yang bergerak di bidang perawatan kesehatan dan manufaktur, sedang mencari karyawan baru karena permintaan untuk sumber daya terus meningkat karena Covid-19.

4. Berikan resume dan profil online 

Begitu banyak pekerjaan dan bisnis yang terganggu selama periode lockdown atau physical distancing, maka mencari pekerjaan akan menjadi tantangan, terlebih lagi sekarang setelah perintah kontrol gerakan bersyarat berlaku.

Ambil kesempatan ini untuk mengubah resume dan profil online Anda untuk menyoroti pencapaian karier, keterampilan, dan pengalaman kerja saat ini.

Ketika datang untuk mencari pekerjaan jarak jauh, baca semua deskripsi pekerjaan secara menyeluruh untuk memastikan keterampilan spesifik cocok dengan pekerjaan itu.

 

3 dari 3 halaman

5. Tingkatkan Keahlian secara online

Lowongan Pekerjaan
Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Selain memanfaatkan waktu untuk mencari pekerjaan, mendaftarlah di kursus online untuk memperluas keterampilan. Sangat penting untuk mengambil kesempatan ini untuk meningkatkan kualifikasi.

6. Menjadi Freelancer sementara

Anda harus mempertimbangkan mengambil pekerjaan lepas atau freelancer jika membutuhkan dana untuk menghadapi bulan-bulan yang tidak menentu di masa depan.

Jika ini adalah upaya pertama untuk mengambil bagian dalam pekerjaan lepas, lihat keterampilan yang dapat ditransfer dan tentukan pekerjaan mana yang dapat digunakan.

7. Bersabarlah dengan proses pencarian pekerjaan

Pencarian Anda untuk suatu pekerjaan akan memakan waktu lebih lama secara signifikan selama masa-masa ini, karena perusahaan sedang berupaya membuat perubahan penting untuk beradaptasi dengan pengaturan saat ini.

Pada saat yang sama, yang paling bisa dilakukan adalah melacak keterampilan dan kemampuan Anda. Hanya dengan mempertahankan catatan sederhana akan membantu mengendalikan keadaan.

Lanjutkan Membaca ↓