BRI Berikan Fasilitas Pinjaman Bunga Ringan Hingga Rp 20 Juta untuk Mitra Gojek dan Grab

Oleh Gilar Ramdhani pada 15 Mei 2020, 14:26 WIB
Diperbarui 15 Mei 2020, 14:26 WIB
BRI Luncurkan Fasilitas Pinjaman Bunga Ringan Hingga Rp 20 Juta untuk Mitra Gojek dan Grab

Liputan6.com, Jakarta Sebagai upaya nyata untuk mendukung keberlangsungan hidup pekerja sektor informal dan para pelaku UMKM selama masa pandemi COVID-19, Bank BRI bersama Gojek dan Grab menjalin kerja sama dengan meluncurkan fasilitas pinjaman bagi mitra Gojek (GoRide, GoCar dan merchant GoFood) serta mitra Grab (pengemudi, merchant GrabFood dan mitra GrabKios).

Mitra yang mendaftar dan memenuhi persyaratan dari BRI berpotensi mendapatkan fasilitas pinjaman bunga ringan mulai dari 5 juta – 20 juta.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan pihaknya memahami pekerja harian dan pelaku UMKM seperti mitra Gojek dan Grab adalah salah satu pihak yang terkena imbas dalam kondisi penyebaran wabah seperti sekarang ini.

"Mayoritas masyarakat harus Work From Home dan menerapkan physical distancing, sehingga berdampak pada penghasilan mereka. Fasilitas pinjaman bunga ringan  ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para driver dan pelaku UMKM yang merupakan mitra gojek,” imbuhnya.

Handayani juga menambahkan, bahwa penyaluran pinjaman ini dilakukan dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian dengan melakukan assessment terkait besaran kebutuhan sesungguhnya mitra gojek.

“Kami juga bekerjasama dengan Gojek dan Grab agar seluruh mitra yang mengambil fasilitas ini telah memenuhi seluruh persyaratan minimum seperti pendapatan rata-rata bulanan dan lama bermitra dengan Gojek atau Grab,” jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

Ringankan Beban Mitra Gojek dan Grab

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan bahwa membantu mitra melewati masa sulit adalah prioritas utama Gojek saat ini.

“Dalam masa pandemi COVID-19 ini, mitra driver Gojek dan pengusaha UMKM kuliner yang tergabung sebagai merchant GoFood merupakan bagian dari populasi pekerja informal menjadi pertahanan untuk menjaga pertumbuhan roda ekonomi lokal," ujarnya.

Ia melanjutkan situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra GoRide dan GoCar, fasilitas pinjaman bunga ringan ini akan membantu meringankan beban keuangan mereka di masa sulit ini.

"Untuk merchant GoFood fasilitas yang diberikan diharapkan mampu untuk menjaga perputaran usaha mereka. maka dari itu kami sangat berterima kasih kepada Bank BRI yang telah mendukung dengan memberikan fasilitas pinjaman yang khusus dirancang bagi mitra kami, hal ini akan sangat membantu mitra kami, khususnya agar arus kas mereka pada masa sulit ini bisa kembali membaik," jelasnya.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan bahwa selama masa pandemi ini berlangsung, Grab senantiasa mengajak mitra bisnis untuk bersama-sama mengumpulkan sumber daya dan memperluas inisiatif bantuan kepada mitra.

“Kami percaya dalam menggunakan teknologi untuk terus membawa dampak positif dan akan terus berinovasi untuk menemukan cara lain untuk membantu mitra kami dalam menghadapi situasi pendemi saat ini. Kami bersyukur memiliki Bank BRI sebagai mitra strategis kami yang memiliki  kesamaan visi dan misi untuk membantu mereka yang terdampak dari situasi ini. Kami menyambut positif dukungan dari Bank BRI dalam memberi layanan kredit khusus bagi mitra Grab Indonesia. Kami berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami dalam situasi saat ini,” jelas Neneng.

 

3 dari 3 halaman

Bebas Bayar 3 Bulan Pertama

Program ini telah memasuki masa tahap awal, dimana pada tahap ini Bank BRI telah menawarkan fasilitas pinjaman bunga ringan ke sejumlah mitra Gojek dan Grab yang berdomisili di area Jabodetabek dan telah melalui pre-screening terlebih dahulu. Selain itu dengan membuka rekening BRITAMA untuk pinjaman mereka, mitra pengemudi juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri sebesar 250% nilai saldo atau maksimum coverage hingga Rp 150.000.000.

Mitra pengemudi Gojek dan Grab mendapatkan fasilitas pinjaman yang ditawarkan sebesar Rp 5 juta dengan tenor pinjaman selama 24 bulan dimana mitra pengemudi akan mendapatkan keringanan bebas bayar selama 3 bulan pertama.

“Dalam kondisi saat ini arus keuangan pelaku UMKM dan pekerja informal akan terganggu, maka dari itu selain dengan bunga yang terjangkau, selama tiga bulan pertama khusus untuk mitra Gojek dan Grab dibebaskan untuk membayar cicilan. Selain itu, untuk memudahkan, pembayaran akan dilakukan harian dengan sistem pemotongan langsung dari dompet digital mitra,” urai Handayani.

“Berbagai upaya telah BRI lakukan untuk terus mendukung para pelaku UMKM di Indonesia untuk tetap produktif sehingga dapat terus berkontribusi kepada perekonomian nasional, Harapan kami dengan adanya kerja sama ini mampu meningkatkan penetrasi produk dan layanan perbankan BRI serta membantu Mitra gojek yang terdampak agar dapat tetap menjalankan aktivitas usahanya sehingga roda perekonomian UMKM tetap berjalan,” tutup Handayani.

Lanjutkan Membaca ↓