Top 3: Penumpang Pesawat di Bandara Soetta Membludak

Oleh Arthur Gideon pada 15 Mei 2020, 06:30 WIB
Diperbarui 15 Mei 2020, 06:30 WIB
Pekan Terakhir Jelang Lebaran, Bandara Soetta Mulai Dipadati Pemudik
Perbesar
Antrean calon penumpang tampak memadati terminal 1B di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten, Jakarta (9/6). H-6 jelang lebaran, pada rekap penumpang kemarin, 8 Juni 2018, baik kedatangan dan keberangkatan mencapai 206.335.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Terjadi antrian calon penumpang pesawat di posko pemeriksaan dokumen perjalanan yang terletak di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada Kamis 14 Mei 2020 pukul 04.00 WIB.

Antrean tersebut pun viral karena tidak mengindahkan pengaturan jarak atau pshycal distancing antar penumpang sesuai arahan Gugus Tugas Covid-19.

Artikel mengenai penumpang pesawat di Bandara Soetta membludak tanpa pshycal distancing ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Jumat 15 Mei 2020:

1. Viral Penumpang Pesawat di Bandara Soetta Membludak Tanpa Pshycal Distancing

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merestui kembali beroperasinya seluruh moda transportasi sejak 7 mei 2020 termasuk juga untuk penumpang pesawat. Namun, operasionalnya diharuskan untuk melayani pengguna terkait urusan pekerjaan bukan mudik.

Keputusan ini bagian dari penjabaran lebih lanjut terkait Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 Hijriyah.

Dalam pelaksanaannya seluruh transportasi wajib menerapkan protokol penanganan virus Covid-19, yang tertuang dalam Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Pelonggaran operasional moda transportasi membuat suasana di bandara ramai. Dari foto yang beredar terlihat jelas antrean penumpang pesawat untuk memasuki ruang tunggu di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Tidak ada pengaturan jarak atau pshycal distancing antar penumpang sesuai arahan Gugus Tugas Covid-19.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

2 dari 3 halaman

2. Deretan Perusahaan dan Ilmuwan Dunia yang Berlomba Temukan Vaksin dan Obat Corona

Kasus Virus Corona Bertambah, Bio Farma Kebut Penemuan Vaksin Anti Covid-19
Perbesar
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Para ilmuwan maupun ahli kesehatan di seluruh dunia sedang berlomba untuk mengembangkan vaksin dan menemukan perawatan atau obat yang efektif menghadapi Virus Corona.

Namun hingga kini belum ada pengobatan yang terbukti dan mampu melawan virus Corona. Pejabat kesehatan Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa menemukan vaksin yang tepat setidaknya membutuhkan waktu setidaknya satu tahun hingga 18 bulan.

Hingga 30 April, tercatat ada lebih dari 100 vaksin Corona yang dalam tahap pengembangan secara global, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dimana, setidaknya delapan vaksin sudah dalam uji coba pada manusia.

Virus ini telah menginfeksi lebih dari 4,2 juta orang di seluruh dunia hanya dalam waktu empat bulan, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins.

Simak artikel selengkapnya di sini 

3 dari 3 halaman

3. Listrik Gratis Bulan Mei Sudah Dapat Diakses Pelanggan, Cek Caranya

20170621-PLN Berikan Diskon Biaya Penyambungan Tambah Daya-Antonius
Perbesar
Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

PLN memastikan penerapan listrik gratis dan diskon listrik Mei 2020 dapat berjalan lancar. Stimulus ini diberikan pemerintah untuk meringankan dampak ekonomi masyarakat akibat wabah virus corona atau Covid-19.

Executive Vice President Corporate Communcation and CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, bagi pelanggan pascabayar, listrik gratis dan diskon listrik langsung mengurangi tagihan rekening listrik bulan Mei.

Sementara untuk 11,8 juta pelanggan prabayar, token listrik bulan Mei 2020 sudah bisa diakses melalui website www.pln.co.id atau layanan whatsapp nomor 08122 123 123.

“Kami mengimbau seluruh pelanggan prabayar yang berhak mendapatkan stimulus ini dapat mengambil tokennya melalui website ataupun layanan Whatsapp yang telah disediakan,” kata Made.

Simak artikel selengkapnya di sini

Lanjutkan Membaca ↓