Sukses

Ingin Memulai Usaha, Inilah 6 Tips Atur Keuangan buat Pebisnis Pemula

Anda harus mencoba untuk mengatur keuangan jika ingin berinvestasi di masa depan sebagai pengusaha.

Liputan6.com, Jakarta Berapa kali Anda diberitahu bahwa menabung merupakan hal yang baik?. Ahli keuangan pun merekomendasikan agar Anda menghemat sedikit uang setiap bulan, tetapi itu lebih mudah dikatakan daripada dilakukan.

Lagipula, itu tidak mudah bagi sebagian orang yang hidup dari gaji ke gaji. Namun, jika ingin memulai bisnis, Anda harus melepaskan diri dari siklus ini dan mulai membuat anggaran dan menabung.

Anda harus mencoba untuk mengatur keuangan jika ingin berinvestasi di masa depan sebagai pengusaha. Jika Anda ingin mulai mengelola uang lebih efektif dan mengatur diri untuk menjadi seorang wirausahawan, ikuti 6 tips manajemen keuangan untuk memulai usaha bagi pemula ini, dilansir dari laman Entepreneur.com, Kamis (14/5/2020).

1. Prioritaskan pengaturan 

Ketika Anda terorganisir, dengan mudah melacak setiap aspek keuangan. Catat semua informasi keuangan di satu tempat sehingga dapat merujuknya dan melacak kemajuan Anda.

Ketika mencatat semua informasi keuangan, Anda mungkin ingin mencoba dan mengaturnya berdasarkan kategori. Misalnya, ketika Anda mencatat biaya saat ini, dapat mengategorikannya sebagai "mendesak" dan "masa depan."

Sistem ini tidak hanya akan membantu Anda tetap di atas keuangan pribadi, tetapi itu akan mempersiapkan mencapai kesuksesan berwirausaha karena itu adalah keterampilan yang dapat ditransfer secara langsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Periksa kategori kredit

Hampir sebagian orang tidak tahu skor kredit mereka. Jika Anda termasuk di dalam grup ini, saatnya untuk meminta laporan kredit gratis. Setelah Anda tahu nomor Anda, dengan asumsi uang ketat, jangan ragu untuk menggunakan beberapa teknik perbaikan kredit do-it-yourself untuk dengan cepat meningkatkan skor Anda.

Memahami skor kredit dan meningkatkannya sesuai kemampuan adalah yang terpenting dalam hal pengelolaan uang. Fakta yang kurang dikenal di kalangan calon pengusaha adalah bahwa dana yang diterima bisnis baru seringkali tergantung pada nilai kredit pendiri.

3. Simpan di mana pun yang Anda bisa

Orang sering merasa ngeri ketika berpikir untuk mengurangi. Untungnya, ada beberapa cara yang tidak menyakitkan untuk menyelamatkan keuangan. Lihatlah kebiasaan harian dan lihat apakah Anda memiliki tren pengeluaran.

Misalnya, jika Anda menghabiskan Rp 30-50 ribu setiap hari untuk latte, Anda dapat mempertimbangkan mengurangi dan hanya memiliki latte mahal setiap hari. Perlahan, Anda akan terbiasa dengan kebiasaan baru ini, dan rekening bank akan menuai hasilnya.

  

3 dari 3 halaman

4. Cari informasi tambahan

Pernahkah Anda mendengar tentang The Penny Hoarder atau Dough Roller? Ini hanya dua blog keuangan pribadi yang dapat membantu Anda mengelola uang dengan lebih baik, tetapi ada banyak lagi di luar sana.

Berlangganan ke situs web dan ikuti podcast yang menawarkan saran tentang pengelolaan uang. Selain itu, awasi mata Anda untuk outlet informatif yang berbicara langsung tentang keuangan kewirausahaan dan ikuti juga.

5. Tetapkan tujuan jangka panjang dan pendek

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa orang ingin mencapai tujuan mereka dalam waktu sesingkat mungkin?. Jika Anda mengambil hampir semua majalah kesehatan yang diberikan, isinya adalah klaim dapat membantu mencapai hasil yang ekstrim dalam waktu singkat atau tidak.

Sayangnya, diet ketat sering tidak efektif, dan teknik manajemen uang "cepat kaya" sering kurang efektif juga. Sulit untuk menerima bahwa tujuan akan membutuhkan waktu untuk dicapai.

Itulah sebabnya Anda perlu membuat tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Dalam kedua kasus tersebut, bertujuan untuk membuat sasaran yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbasis waktu.

Idealnya, mencapai tujuan jangka pendek Anda akan memberi umpan balik positif yang dibutuhkan untuk terus berjuang untuk tujuan jangka panjang.

6. Cari mentor

Jika Anda mengelola keuangan pribadi dan keuangan kewirausahaan, satu hal yang pasti terkadang muncul perasaan seperti tidak dapat mengikuti semuanya.  Perencanaan keuangan bisa sulit.

Sebagai individu, Anda dapat mencari mentor yang dapat membantu mengatur keuangan pribadi. Sebagai seorang wirausaha, Anda dapat terus bekerja dengan orang-orang ini atau mencari konsultan keuangan yang lebih mapan yang memberi panduan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Anda.

Mengelola keuangan Anda adalah pengalaman yang isinya mencoba. Kadang-kadang akan terasa berantakan, tetapi semakin Anda berlatih, kian bisa meningkatkan keuangan pribadi dan mengatur diri sendiri untuk kesuksesan pengelolaan uang wirausaha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini