Sukses

Daftar 10 Bandara Terbaik di Dunia pada 2020

Seperti tahun 2019, Asia Timur mendominasi World Airport Awards tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 10 bandara dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia pada 2020. Untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut, Gelaran Skytrax World Airport Awards 2020 menobatkan Bandara Changi Singapura kembali sebagai Bandara Terbaik Dunia.

Menyusul setelahnya, ada Bandara Haneda Tokyo yang mendapatkan tempat kedua dan Bandara Internasional Hamad Doha naik ke peringkat ketiga.

Seperti tahun 2019, Asia Timur mendominasi World Airport Awards tahun ini, dengan tujuh dari 10 bandara teratas untuk tahun 2020 yang berbasis di wilayah tersebut - termasuk empat di Jepang.

Melansir dari laman CNN, Rabu (13/5/2020), berikut daftar 10 Bandara Top Dunia tahun 2020;

1. Bandara Changi Singapura

2. Bandara Tokyo Haneda

3. Bandara Internasional Hamad (Doha, Qatar)

4. Bandara Internasional Incheon (Korea Selatan)

5. Bandara Munich (Jerman)

6. Bandara Internasional Hong Kong

7. Bandara Internasional Narita (Tokyo)

8. Bandara Internasional Chūbu Centrair (Nagoya, Jepang

9. Bandara Schiphol Amsterdam

10. Bandara Internasional Kansai (Osaka, Jepang)

Dalam survey yang dilakukan Skytrax, melibatkan pelanggan dari 100 negara lebih, yang dilakukan dari September 2019 hingga Februari 2020 dan mencakup 550 bandara.

Kemenangan Singapura menjadi sangat wajar. Pasalnya, setelah "Jewel" Changi yang resmi dibuka pada April lalu. Ini menampilkan eksterior dramatis berbentuk donat yang dibingkai dalam baja dan kaca, penambahan 135.700 meter persegi (sekitar 1,46 juta kaki persegi).

Serta merupakan kompleks multi guna yang dirancang oleh arsitek terkenal Moshe Safdie untuk menghubungkan tiga dari empat terminal Bandara Changi.

Daya tarik utama dari "Jewel" tersebut adalah HSBC Rain Vortex setinggi 40 meter (sekitar 130 kaki), yang mengalir melalui oculus besar di tengah dan disebut sebagai air terjun indoor tertinggi di dunia.

"Bandara Changi dengan rendah hati menerima penegasan ini dari para pelancong kami, dimungkinkan oleh dukungan kuat dari mitra-mitra bandara kami," kata Kepala Pejabat Eksekutif Grup Bandara Changi, Lee Seow Hiang.

"Ini merupakan tahun yang penuh tantangan bagi kami semua. Seperti semua orang lainnya, di sini di Changi, kami terus melakukan yang terbaik untuk menjaga dan melindungi kesehatan para pelancong kami, pengunjung kami dan para pekerja bandara kami. Kami berharap semua orang dalam komunitas penerbangan internasional Baiklah. Mari kita menantikan saat yang lebih baik dan segera," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan Lain

Meskipun Tokyo Haneda mungkin telah diungguli Changi Singapura dalam kategori "Bandara Terbaik Dunia", namun bandara ini tak kalah saing. Bandara Haneda menyabet penghargaan untuk "Bandara Domestik Terbaik Dunia" dan "Bandara Terbersih Dunia".

Juga di Jepang, Bandara Internasional Kansai Osaka dianugerahi penghargaan untuk "Layanan Staf Bandara Terbaik Dunia."

Bandara Internasional Chūbu Centrair di Nagoya mendapat penghargaan sebagai "Bandara Regional Terbaik Dunia" dan Bandara Internasional Narita Tokyo mendapat penghargaan sebagai "Tempat Makan Bandara Terbaik Dunia".

Beralih ke Korea Selatan, Bandara Internasional Incheon T2 memenangkan penghargaan "Terminal Bandara Terbaik Dunia".

Bandara Crown Plaza Changi Singapura, sekali lagi dianugerahi "Hotel Bandara Terbaik Dunia" dan Bandara Internasional Hong Kong memenangkan penghargaan sebagai "Bandara Imigrasi Terbaik Dunia".

Di luar Asia, penghargaan untuk "Bandara Tercanggih di Dunia" jatuh ke Bandara Orly Paris. Sementara Bandara London Heathrow dianugerahi "Bandara dengan Pusat Perbelanjaan Terbaik Dunia" dan Houston Airports memenangkan penghargaan "Bandara dengan Situs Web & Layanan Digital Terbaik".

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini