Sukses

Pergerakan Pesawat di Bandara Soetta Masih di Bawah Normal

Dalam waktu lima hari, hanya sekitar 737 pergerakan pesawat, landing dan take off di Bandara Soekarno-Hatta

Liputan6.com, Jakarta - Meski penerbangan domestik sudah dibuka dan beberapa maskapai beroperasi untuk pertama kalinya, PT Angkasa Pura (AP) II mengklaim, bila pergerakan penumpang dan pesawat tidak terlalu signifikan di bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

"Pasca penerbitan surat edaran, dalam waktu lima hari, hanya sekitar 737 pergerakan pesawat, landing dan take off. Dari normalnya itu sehari ya, sehari bisa 1.200 pergerakan pesawat," ungkap Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Rabu (13/5/2020).

Pergerakan tersebut didalamnya sudah beroperasi 14 maskapai domestik dan 11 maskapai internasional. Sehingga, angka pergerakan pesawat masih di bawah rata-rata normal.

Menurutnya saat ini, aktivitas penerbangan yang cukup besar terdapat pada angkutan kargo dengan total selama lima hari sebanyak 3.302 atau 3.900 ton. Dan Bandara Soetta menjadi bandara dengan aktifitas kargo tertinggi, bila dibandingkan dengan 18 bandara lain di Indonesia.

"Yang tertinggi itu di kargo, karena seperti yang diketahui Bandara Soetta menjadi titik pusat kedatangan bantuan dari luar negeri," ungkapnya.

Makanya, dalam bongkar muat kargo pun, pengelola bandara mengaku, terus menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan surat edaran yang diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan dan juga Kementerian Kesehatan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Dokumen yang Wajib Disiapkan Penumpang Pesawat di Bandara Soetta

PT Angkasa Pura (AP) II memprediksi bakal ada peningkatan aktifitas penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) mulai Minggu ini. Hal tersebut lantaran maskapai Lion Group mulai beroperasi tepat pada 10 Mei 2020, di Terminal 2.

"Prediksi hari ini mulai ada peningkatan, hari ini saja untuk Batik Air ada 27 jadwal keberangkatan, 12 jadwal keberangkatan Lion Air, dimana semuanya baru hari ini memulai aktifitas maskapainya," tutur Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Minggu (10/5/2020).

Bukan hanya Group Lion saja, hari ini pergerakan pesawat di Bandara Soetta pun terjadi di maskapai Garuda Indonesia. Dimana akan terjadi 10 sampai 15 jadwal penerbangan domestik.

Untuk itu, Awaluddin meminta kepada para calon penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui Bandara Soetta, bisa menyiapkan tiga dokumen.

Pertama dokumen tentang kesiapan tiket perjalanan, kedua dokumen soal surat alasan perjalanan dan yang ketiga soal surat keterangan kesehatan bebas Covid-19, baik melalui rapid test atau swab.

"Penumpang di Bandara Soetta harus pegang tiga dokumen, kemudian kalau terverifikasi atau valid, baru bisa masuk ke dalam bandara untuk selanjutnya mengisi health alert card sebagai bukti kesehatan saat sampai di tempat tujuan. Jika nantinya ditemukan ada salah satu dokumen yang tidak sesuai atau tidak lolos verifikasi, maka terpaksa calon penumpang tidak bisa masuk ke bandara," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini