Sukses

Penyederhanaan Layanan Jadi Kunci Sukses Kemenkeu Berantas Korupsi

Kemenkeu menetapkan lima nilai dasar yang dipegang untuk membangun Zona Integritas (ZI).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menetapkan lima nilai dasar yang dipegang untuk membangun Zona Integritas (ZI). Nilai tersebut menjadi lansadan untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Kelima nilai yang lahir di era kepemimpinan Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo tersebut yakni integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan.

Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Jenderal Kemenkeu Dini Kusumawati mengatakan, dengan mengusung nilai yang sama di seluruh unit eselon I, beragam perubahan termasuk pembangunan zona integritas menjadi terstruktur.

"Kita terus melakukan upaya mewujudkan nilai Kemenkeu, salah satunya dengan melakukan simplifikasi proses bisnis yang tentunya berdampak pada simplifikasi pelayanan Kemenkeu," ujar Dini dalam keterangan tertulis, Selasa (12/5/2020).

Menurut dia, kerja keras yang dilakukan oleh jajaran Kementerian Keuangan membuahkan hasil. Berdasarkan data 2019, 155 dari 470 unit kerja yang mendapat predikat WBK berasal dari Kemenkeu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berpuas Diri

Dini menyatakan, pencapaian tersebut tak lantas membuat Kementerian Keuangan berpuas diri. Dengan memegang prinsip good is not enough when better is expected, pihak instansi menyusun sistem dengan memanfaatkan teknologi informasi guna meningkatkan pembangunan zona integritas.

"Sejak tahun lalu, mulai dikembangkan digital assesment melalui Aplikasi Digital Integrity Assesment (DIA) dengan tujuan untuk memudahkan penilaian serta mendukung gerakan efisiensi di lingkungan Kementerian Keuangan," jelasnya.

Lebih lanjut, Dini juga membagikan pengalaman menjaga konsistensi program perubahan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Menurutnya, semua program tersebut harus direncanakan dengan baik dan diikat dengan kebijakan yang terintegrasi.

"Kondisi seperti saat ini harus dianggap sebagai sebuah tantangan dan jangan menganggapnya sebagai hambatan. Dengan melihatnya sebagai sebuah tantangan, kita akan terus mencari peluang. Berpikir bagaimana dengan kondisi ini kita bisa tetap membangun dan melakukan gebrakan," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.

    kemenkeu

  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.

    Kementerian Keuangan

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

Video Terkini