Sukses

Harga Minyak Naik Efek Pemangkasan Produksi Lebih Cepat dari Perkiraan

Harga minyak dunia kembali ke jalur penguatan di dua minggu terakhir

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak naik pada hari Jumat dan berada di jalur kenaikan minggu kedua berturut-turut. Hal ini terjadi karena produsen AS dengan cepat menutup produksi minyak mentah. Ditambah lebih banyak negara mengendurkan lockdown.

Dikutip dari laman CNBC, Sabtu (9/5/2020), harga minyak mentah antara West Texas Intermediate (WTI) AS naik USD 1,19, atau 5 persen, menjadi USD 24,74 per barel. Sementara patokan internasional, minyak mentah Brent naik USD 1,51 menjadi $ 30,97 per barel.

“Kemajuan beberapa minggu terakhir ini agak mencurigakan, mengingat fakta bahwa kasus coronavirus terus meningkat dan surplus minyak mentah AS terus naik, di mana rekor tingkat stok AS kemungkinan akan dicapai dalam laporan AMDAL minggu depan,” Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates di Galena, Illinois, mengatakan dalam sebuah laporan.

Laporan mingguan Administrasi Informasi Energi AS pada hari Rabu menunjukkan 15 minggu kenaikan stok minyak sevara berturut-turut meskipun tingkat produksi telah melambat sejak rekor 19 juta barel pada awal April.

Namun, jumlah rig minyak dan gas bumi yang beroperasi turun 34 ke level terendah sepanjang masa 374 minggu ini karena industri energi memangkas output dan pengeluaran untuk menangani kecelakaan yang disebabkan oleh coronavirus dalam hal permintaan bahan bakar.

Perusahaan-perusahaan minyak Amerika Utara telah menghentikan produksi lebih cepat dari perkiraan para analis dan berada di jalur untuk mengurangu sekitar 1,7 juta barel per hari (bpd) pada akhir Juni.

Pengurangan yang didorong secara komersial ini merupakan tambahan dari yang dilakukan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu yang dipimpin oleh Rusia, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, yang mulai menerapkan kesepakatan untuk mengekang rekor 9,7 juta barel per hari dari awal Mei.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Harga Minyak

Andrew Lipow, presiden Lipow Oil Associates di Houston. mengatakan pasar sekarang memantau lebih banyak data yang mendukung negara-negara OPEC + yang mematuhi pengurangan produksi. 

"Saya berharap sekarang harga akan kembali ke USD 20 per barel karena skeptisisme akan datang ke pasar tentang kepatuhan OPEC + pada pengurangan produksi," kata Lipow.

Irak belum memberi tahu para pembeli minyak reguler tentang pengurangan ekspor mereka, yang menunjukkan bahwa mereka sedang berjuang untuk sepenuhnya menerapkan pengurangan pasokan.

"Yang diperlukan hanyalah satu atau dua negara untuk tidak mematuhinya dan itu bisa membuka pintu bagi negara lain," kata Lipow.

Australia pada hari Jumat menjadi negara terbaru untuk merencanakan pelonggaran penguncian, sementara Perancis, bagian dari Amerika Serikat dan negara-negara seperti Pakistan juga berencana untuk mengurangi pembatasan.

Pelaku pasar menyaksikan krisis ekonomi yang berlangsung di Amerika Serikat memengaruhi permintaan minyak dalam beberapa bulan mendatang. Ekonomi terbesar dunia kehilangan 20,5 juta pekerjaan pada April, penurunan tajam dalam daftar gaji sejak Depresi Hebat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.