Sukses

Ridwan Kamil Pertanyakan Dana Bansos Jabar Lebih Kecil dari Provinsi Lain

Pemerintah pusat diharapkan dapat mengevaluasi soal anggaran bantuan yang diberikan kepada pemerintah daerah agar tepat sasaran.

Liputan6.com, Jakarta

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempertanyakan terkait besaran bantuan dana sosial penanganan Covid-19 dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Salah satunya dana desa yang diberikan dinilai tidak mewakili jumlah penduduk di Jabar. 

"Anggaran sedikit (dana desa) penduduk kita banyak, sementara provinsi lain penduduknya sedikit anggarannya lebih banyak. Maka menolong orangnya akan lebih berkualitas," kata dia melalui video conference, Jumat (8/5/2020).

Pria yang akrab disapa Kang Emil mengatakan, saat ini jumlah warganya yang layak sebagai penerima manfaat bantuan sosial berkisar 38 juta jiwa.

Untuk itu, pemerintah pusat diharapkan dapat mengevaluasi soal anggaran bantuan yang diberikan kepada pemerintah daerah agar tepat sasaran.

Apalagi pandemi ini menghancurkan seluruh lini pembangunan warga Jabar, misalnya kesehatan, ekonomi dan sosial. Sehingga uluran bantuan sosial pemerintah dangat diperlukan untuk meringankan beban ekonomi warganya.

Emil pun mendorong pemerintah untuk melahirkan kebijkan fiskal yang adil bagi seluruh masyarakat Indonesia. Seperti menyalurkan anggaran bantuan sosial berdasarkan jumlah penduduk di suatu wilayah, bukan luasannya.

"Proporsi penduduk itu tidak pernah dijadikan patokan dan terasanya itu pada saat pandemi covid-19," keluh dia.

 
 
 
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ridwan Kamil Minta Kemendag Lakukan Rapid Test di Seluruh Pasar Tradisional Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta kepada Kementerian Perdagangan (kemendag) untuk menyediakan rapid test bagi pedagang pasar tradisional di wilayah Jawa Barat (Jabar). Langkah ini untuk memastikan keamanan pasar sebagai tempat aktivitas ekonomi masyarakat.

"Saat ini alat rapid test di Jabar masih terbatas. Saya minta ada pengetesan massal dari Kementerian Perdagangan terhadap pedagang pasar tradisional," ujar mantan wali kota Bandung kepada Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Bandung, Jumat (8/5/2020).

Dia mengatakan, pasar tradisional termasuk tempat yang rentan menyumbang penyebaran virus Corona Covid-19 di Jawa Barat. Maka dari itu, rapid test perlu menyasar seluruh pedagang tanpa terkecuali.

Melalui rapid test pula pemetaan penyebaran virus covid-19 dapat diketahui, sehingga memudahkan jajarannya untuk melakukan penanganan pandemi corona di wilayahnya.

Selain itu, pasar harus menjadi fokus monitoring untuk mendukung pengadaan kebutuhan bahan pokok masyarakat.

Lebih jauh, Ridwan Kamil menyebut rapid test merupakan tindakan preventif untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Apalagi, belum lama ini salah satu pasar di provinsi Sumatera Barat, sejumlah pedagangnya dinyatakan positif terpapar virus berbahaya asal kota Wuhan.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • Jabar

Video Terkini