Sukses

PLN: Kami Tak Otak Atik Meteran Listrik Pelanggan

PT PLN (Persero) membantah telah menaikan tarif listrik yang melonjak tajam pada tagihan di Mei 2020

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) membantah telah menaikan tarif listrik yang melonjak tajam pada tagihan di Mei 2020. Pernyataan itu dikeluarkan pasca adanya tuduhan dari pelanggan bahwa PLN telah meninggikan tarif pada saat pandemi virus corona (Covid-19).

Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka menekankan, tagihan listrik konsumen saat ini meninggi bukan karena kenaikan tarif listrik.

"Tidak semata-mata PLN bisa naikan tagihan tarif listrik, apalagi dalam kondisi saat ini, tidak populis," ucap Made dalam siaran pers online, Rabu (6/5/2020).

Selain itu, ia juga menyangkal dakwaan bahwa PLN telah memainkan meteran listrik milik pelanggan. Menurutnya, hal tersebut mustahil dilakukan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah.

"Ada tuduhan kita menaikan sendiri tagihan listriknya? Meterannya kan ada di rumah tangga. Petugas meteran juga enggak bisa dateng karena protokol Covid-19," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Subsidi SIlang

Made juga menegaskan bahwa PLN tidak menerapkan subsidi silang dari konsumen rumah tangga mampu kepada pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi.

Menurut dia, pemakaian listrik ketika banyak orang dipekerjakan dari rumah (work from home/WFH) memang meningkat.

"Lalu ada yang bilang PLN lakukan cross subsidi untuk pelanggan 900 VA dan 450 VA. Ini enggak benar. Memang terjadi lonjakan penggunaan akibat 24 jam di rumah," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.