Sukses

Efek PSBB, BPJS Maksimalkan Layanan Daring

BPJS Kesehatan menambahkan personil doctor consulting untuk layanan Care Center melalui 1500400.

Liputan6.com, Jakarta - Menyikapi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), BPJS Kesehatan menambahkan personil doctor consulting untuk layanan Care Center melalui 1500400.

Selain konsultasi, Direktur Perluasan & Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari menjelaskan bahwa Care CEnter dapatpula melayani pendaftaranpeserta beru, menambah anggota keluarga, dan mengubah data dan fasilitas kesehatan (faskes).

"Kami menambah doctor consulting, kan orang sekarang merasa nggak nyaman pergi ke rumah sakit. Kan rumah sakit itu sekarang, kalau kita datang aja, kenapa kok orangnya harus pakai pakaian yang seperti itu. Maka sekarang kita mulai, bahwa mereka itu boleh (konsultasi) melalui telepon," kata dia, Selasa (5/5/2020).

Lainnya, Andayani juga menyebutkan CHIKA, yang memungkinkan layaan konsultasi melalui chat. Selan itu juga ada Mobile JKN yang berbasis aplikasi dan dengan fitur yang lebih lengkap.

"Kemudian Mobile JKN, itu kami sekarang juga menambahkan orang bisa screening. Sebetulnya sekarang ini banyak orang yang panik kan, tiba-tiba kok merasa sakit, nah ini kita bantu," kata Direktur BPJS Kesehatan itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsultasi

Mobile JKN juga memungkinkan untuk layanan konsultasi. Hal itu merupakan terobosan dari BPJS yang biasanya dimanfaatkan orang-orang yang lebih muda.

"Tetapi kalau kelompok yang seperti penerima bantuan iuran, itu tetap berkunjung ke fasilitas kesehatan," pungkkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BPJS Kesehatan merupakan salah satu badan hukum yang bertugas menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

    BPJS Kesehatan

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • virus corona