Sukses

Tak Ada PHK, AirAsia Pilih Rumahkan dan Potong Gaji Pegawai

AirAsia Indonesia memastikan tidak akan melakukan PHK kepada para karyawannya ditengah pandemi virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - PT AirAsia Indonesia Tbk memastikan tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya meski badai wabah corona (Covid-19) kini tengah menganggu kegiatan industri penerbangan.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga mengatakan, pihaknya saat ini terus berupaya mati-matian dalam melakukan efisiensi bisnis akibat pemasukan pada penerbangan penumpang telah berhenti total sejak 1 April 2020.

Wanita yang akrab disapa Vera ini menambahkan, AirAsia telah memiliki kesepakatan tersendiri untuk tidak memangkas jumlah karyawannya.

"Revenue hampir nol, sementara cost-cost lain yang masih jalan pasti berat. Kami berupaya mati-matian pagi, siang, sore, malam, untuk memastikan PHK solusi terakhir," ujar dia dalam siaran konferensi pers, Senin (4/5/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada PHK

Vera kembali menegaskan, AirAsia juga belum dan tidak akan merumahkan karyawannya, tetapi lebih ke mempekerjakannya dari rumah (work from home/WFH) dengan adanya pemotongan gaji.

"Sekarang AirAsia bekerja dari rumah bukan dirumahkan. Bekerja dari rumah masih ada operasional-operasional yang dikerjakan. Seluruhnya bekerja dari rumah," kata dia.

"Jujur ada yang mendapatkan pengurangan pengupahan, termasuk saya. Prinsipnya jajaran manajemen atas itu menanggung potongan (gaji) 50 persen. Begitu juga jajaran yang dibawahnya, ada bervariasi," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini