Sukses

AirAsia Mulai Buka 2 Penerbangan ke Malaysia per 18 Mei 2020

AirAsia Indonesia memutuskan untuk kembali membuka rute penerbangan bagi penumpang pasca sempat ditutup akibat penyebaran pandemi virus corona

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan PT AirAsia Indonesia Tbk memutuskan untuk kembali membuka rute penerbangan bagi penumpang pasca sempat ditutup akibat penyebaran pandemi virus corona (Covid-19) per Maret 2020.

Direktur Utama PT AirAsia Indonesia Tbk Veranita Yosephine Sinaga mengatakan, penerbangan penumpang pertama yang akan dibuka justru berada di dua rute internasional, yakni Kuala Lumpur-Surabaya dan Johor Bahru-Surabaya.

"Kita akan mulai beraktivitas kembali 18 Mei, dimulai dari dua rute internasional, Kuala lumpur-Surabaya dan Johor Bahru-Surabaya," ucap dia dalam sesi teleconference, Senin (4/5/2020).

Wanita yang akrab disapa Vera ini menjelaskan, kedua rute tersebut jadi pilihan lantaran Pemerintah Malaysia dinilai efektif dalam menekan pandemi Covid-19. Sehingga Negeri Jiran kini cenderung aman untuk didatangi.

"Untuk rute internasional kita lihat Kuala Lumpur karena penyebaran wabah di sana kurang lebih progres dan positif. Kasus baru pertambahan pasien juga trennya menurun," tutur dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Domestik

Sementara pada rute domestik, Vera melanjutkan, AirAsia tetap melayani penerbangan non-berjadwal dan kargo bisnis, bahkan secara sisi operasionalnya cenderung lebih besar dibanding hari normal.

Sedangkan untuk pengangkutan penumpang, pihak maskapai masih menunggu arahan pemerintah yang menyatakan jalur udara nasional telah aman untuk dilalui.

"Domestik kita masih mengacu pada arahan pemerintah saat ini," ujar Vera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.