Sukses

Berbeda dari Ramadan Sebelumnya, Inflasi April 2020 Justru Turun

Kondisi inflasi di awal Ramadan ini tidak seperti bulan-bulan menuju Ramadan tahun yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka inflasi untuk April 2020. Perhitungan inflasi April 2020 ini berada di 2 situasi yaitu di tengah pandemi Corona dan juga memasuki bulan Ramadan 

Kepala BPS Suhariyanto menyatakan, inflasi April 2020 tercatat 0,08 persen. Adapun secara tahunan, inflasi berada di angka 2,67 persen.

Suhariyanto bilang, kondisi inflasi bulan ini tidak seperti bulan-bulan menuju Ramadan tahun yang lalu.

"Inflasi kali ini tidak biasa, berbeda dengan pola sebelumnya. Biasanya tahun lalu, masuk Ramadan itu meningkat, tahun ini justru melambat," katanya dalam konferensi pers virtual, Senin (4/5/2020).

Suhariyanto menambahkan, masih menyebarnya pandemi Corona menyebabkan permintaan barang dan jasa yang harusnya meningkat menjelang bulan puasa dan Idul Fitri.

"Biasanya kalau mau Ramadhan itu selalu naik tapi kali ini turun karena memang situasi dan kondisi Covid-19 membuat pola konsumsi dan pergerakan berubah," katanya.

Sementara, kelompok yang memberikan andil inflasi antara lain makanan, minuman, tembakau yang terdiri dari bawang merah, rokok putih, rokok filter hingga gula pasir. Kemudian, harga emas juga menyumbang andil inflasi bulan ini.

Adapun dari 90 kota indeks harga konsumen (IHK), sebanyak 39 kota mengalami inflasi dan 51 kota mengalami deflasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi BI

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi April 2020 mencapai 0,18 persen (mtm) atau sebesar 2,78 persen (yoy). Dengan demikian inflasi terjaga dan terkendali rendah 3 persen plus minus 1 persen.

"Kami perkirakan untuk April 2020 ini inflasinya sekitar 0,18 persen mtm. Kalau dihitung yoy 2,78 persen," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu, (29/4).

Perry menuturkan angka inflasi ini lebih rendah dari dua bulan sebelumnya. Pada bulan Maret 2020 inflasi tahunan tercatat 2,96 persen dan bulan Februari 2020 sebesar 2,96 persen.

Beberapa komoditas yang menyumbang inflasi di antaranya bawang merah sebesar 0,12 persen, emas perhiasan 0,9 persen, jeruk 0,5 persen dan gula pasir 0,02 persen. Sementara komoditas penyumbang deflasi, yaitu cabai merah 0,11 persen dan daging ayam 0,08 persen.

Menurutnya, terjaganya inflasi ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam menyediakan bahan pokok selama bulan ramadan terpenuhi dengan baik. Hal ini terjadi karena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Bulan Ramadan tahun ini lebih rendah dari pola historisnya. Karena ada PSBB dan ini menurunkan tingkat permintaan jadi itu bagian dari terkendalinya inflasi," kata Perry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini