Sukses

Trump Ancam Kenakan Tarif Baru ke China, Harga Emas Melonjak 1 Persen

Presiden Donald Trump mengancam untuk memberlakukan tarif baru di Cina.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas melonjak lebih dari 1 persen pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta). Hal ini didorong oleh sentimen risiko memburuk di AS. Presiden Donald Trump mengancam untuk memberlakukan tarif baru di Cina.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (2/5/2020), harga emas di pasar spot naik 0,9 persen menjadi USD 1,695.21 per ons. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,4 persen ke USD 1,700.90.

"Kami melihat beberapa kelemahan di pasar ekuitas AS.... Tampaknya Trump mengisyaratkan kebangkitan perang perdagangan," kata Phil Streible, Kepala Strategi Pasar di Blue Line Futures di Chicago.

"Banyak investor melikuidasi berbagai kelas aset yang mungkin terpengaruh oleh itu dan kembali ke investasi yang aman, khususnya emas," lanjut dia.

Trump mengatakan pada Kamis bahwa perjanjian dagangnya dengan China sekarang menjadi kepentingan sekunder pada pandemi virus corona dan ia mengancam tarif baru di Beijing, ketika pemerintahannya membuat langkah-langkah pembalasan atas wabah tersebut.

Dianggap sebagai investasi dengan nilai yang aman selama gejolak ekonomi atau politik, emas berada di jalur untuk membukukan penurunan lebih dari 1 persen untuk minggu ini karena lebih banyak ekonomi melonggarkan pembatasan dan karena investor menutupi kerugian di pasar yang lebih luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kinerja Manufaktur AS

Data baru menunjukkan aktivitas manufaktur AS merosot ke level terendah dalam 11 tahun pada bulan April ketika virus corona baru menimbulkan kekacauan pada rantai pasokan, mendukung pandangan analis bahwa ekonomi sedang tenggelam lebih dalam ke dalam resesi.

Emas cenderung mendapat manfaat dari stimulus ekonomi karena sering dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang.

Untuk logam mulia lain, Palladium tergelincir 3,3 persen menjadi USD 1,895.19 per ons, di jalur penurunan mingguan kelima beruntun.

Sementara Platinum merosot 1,5 persen menjadi USD 760,59 per ons dan perak turun 1,1 persen ke USD 14,86.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini