Sukses

8 Profesi Kerja dari Rumah Paling Populer, Apa Saja?

WFH kini semakin populer dan banyak digemari bagi orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi internet yang kian cepat memang patut disyukuri. Berkat hal ini, kini semua pekerjaan bisa cepat terselesaikan dengan mudah sebab bisa diakses secara online. Menariknya, sudah ada sejumlah profesi yang menerapkan hal ini, yakni bisa bekerja dari rumah atau istilah populer saat ini work from home (WFH).

Bagi dunia kerja, WFH dipandang sebagai hal yang sangat menguntungkan. Keuntungan yang bisa langsung dirasakan antara lain hemat waktu, tenaga dan biaya transportasi. Bahkan, WFH kini semakin populer dan banyak digemari bagi orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Buat Anda yang lagi berpikir untuk pindah karier atau mencari pekerjaan samping, tak ada salahnya mencoba profesi ini. Biar Anda tidak penasaran, berikut ulasan 8 profesi populer yang bisa dilakukan #DiRumahAja, seperti dikutip dari Cermati.com :

1. Guru Online

Di era yang serba canggih seperti sekarang, seorang guru sudah tak perlu datang ke sekolah atau bimbel untuk mengajar murid-muridnya. Proses belajar mengajar modern bisa dilakukan dari rumah masing-masing. Dimana Guru akan memberikan materi belajar secara online melalui aplikasi tatap muka seperti Skype, Zoom, atau Google Hangout. 

Bagi yang suka mengajar atau memiliki keahlian tertentu, Anda bisa memilih bekerja full time atau freelancer sebagai guru online. Gaji yang diperoleh guru online ini lumayan lho, hitungannya biasanya per-jam. Pastinya, Anda bisa menentukan harga lebih tinggi apabila memiliki banyak pengalaman dan jam terbang mengajar yang tinggi.

2. Translator

Apa Anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik? Yuk, coba profesi yang satu ini. Peminat jasa translator cukup tinggi, sebab banyak orang yang membutuhkan jasa ini untuk berbagai keperluan seperti menerjemahkan buku, dokumen, karya ilmiah, maupun percakapan dengan pebisnis asing. 

Meski banyak dibutuhkan, persaingan profesi ini juga tinggi. Jadi, sebaiknya Anda terus mengasah kemampuan bahasa asing dan memiliki sertifikasi translator. Umumnya, profesi translator ini  mendapat bayaran berdasarkan projek, jadi rajin-rajinlah mengumpulkan portfolio untuk meningkatkan kredibilitas.

3. Penulis

Suka menulis, tapi tak tahu tulisannya mau diapakan setelahnya? Lebih baik coba profesi ini, deh! Selain sarana penyalur bakat, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang lumayan besar. Apalagi kalau karya-karya Anda diminati banyak orang, bukannya tidak mungkin bila suatu saat nanti Anda bisa menjadi penulis terkenal.

Buat Anda yang tertarik dengan profesi ini, temukan topik yang menarik sesuai dengan keahlian. Selain itu, ada juga penulis lepas yang bekerja berdasarkan permintaan klien. Tentunya, kualitas tulisan yang bagus pun beragam, dan pastinya semakin tinggi jam terbang di bidang ini, semakin besar pula bayaran yang akan diterima.

4. Konsultan Bisnis

Jasa konsultan bisnis banyak diminati oleh para pengusaha lama maupun start-up untuk menunjang kelancaran usaha suatu perusahaan. Lingkup pekerjaan konsultan bisnis antara lain, mengidentifikasi masalah, menyelesaikan masalah, membuat perencanaan dan anggaran bisnis, hingga menciptakan strategi guna memaksimalkan keuntungan bisnis suatu perusahaan.

Nah, bila Anda merasa mempunyai kemampuan analisa bisnis dan manajemen keuangan yang baik, maka pekerjaan ini patut dicoba. Apabila Anda tertarik menjajal profesi ini, pastikan dulu Anda sudah memiliki keahlian dan pengalaman di bidang yang sama. Soal gaji, tentunya menjadi konsultan bisnis sebuah perusahaan bisa meraup banyak untung lho.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Pebisnis Online

Di era digital saat ini, profesi yang satu ini bisa dikatakan sangat tinggi peminatnya. Selain praktis, modal yang dibutuhkan juga tidak besar karena Anda tidak perlu sewa toko atau stok barang di gudang.

Bahkan, kini pebisnis online tak hanya menawarkan produk/barang tapi juga menjual jasa. Apabila Anda tertarik dan ingin menjadi pebisnis online, caranya mudah, tentukan apa produk/jasa yang ingin dijual, lalu buka lapak online dan mulailah jualan. Supaya jualan online laris manis, sigap layani konsumen dan rajin melakukan promosi online.  

6. Photo Editor

Berbakat dalam mengedit foto? Mengapa tak menjadikannya sebagai profesi utama saja? Dari segi penghasilan, profesi ini bisa dikatakan mendapat bayaran yang lumayan besar. Tertarik dengan profesi ini, mulailah bangun portfolio yang berisi kumpulan karya-karya editing. Posting juga karya Anda di media sosial supaya banyak orang tahu hasil kualitas editing photo Anda.

7. Web designer

Jasa seorang web designer juga sangat dibutuhkan, terlebih karena kebutuhan masyarakat akan penyediaan situs online juga meningkat. Hal ini cukup wajar karena sebuah situs tidak hanya berguna sebagai sumber informasi tentang suatu perusahaan saja. Namun, juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang untuk mendatangkan uang.

Agar profesi ini bisa digeluti secara maksimal, pastikan Anda memiliki laptop dan koneksi internet yang lancar. Selebihnya tergantung dari skill guna memperbesar peluang bertambahnya jumlah konsumen yang memakai jasa Anda setiap hari.

8. Pembicara 

Lupakan yang namanya gedung, ruangan, apapun itu karena Anda sudah tak membutuhkannya lagi. Berbicara kini bisa dilakukan secara online dengan cara podcasting melalui aplikasi atau website. Modalnya, Anda hanya perlu menyiapkan materi menarik dan bermanfaat.

Tips, menjadi pembicara handal, bekali diri dengan kemampuan berbicara dan mengolah kata dengan baik. Termasuk dalam pemilihan level bahasa agar lebih mudah dipahami oleh pendengar.

Jangan Mengabaikan Skill

Modal terpenting untuk bisa menjalani profesi bekerja dari rumah adalah skills. Ingat, jangan mengabaikah kemampuan dan keahlian yang Anda miliki. Terus asah dan carilah peluang untuk mengubah skills Anda menjadi rupiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini