Sukses

Banyak Diburu, Harga Emas Pegadaian Naik 21 Sejak Awal Tahun

Menabung emas di saat terjadi kenaikan harga emas seperti sekarang merupakan pilihan yang bijak.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang awal 2020 hingga akhir April ini, harga emas Pegadaian telah mencatat penguatan sebesar 21 persen dan menjadikan logam mulia sebagai salah satu aset safe haven di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian (Persero) R Swasono Amoeng Widodo menjelaskan, harga emas pada Januari 2020 masih bertengger di level Rp 700 ribu per gram. Hingga akhirnya pada pekan ini berada di atas Rp 900 ribu per gram, tepatnya 939 ribu per gram pada Senin, 27 April 2020.

"Harga emas yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun seiring kondisi perekonomian global yang tak menentu dan pandemi Corona menjadikan logam mulia sebagai aset safe haven," kata dia dalam pesan tertulis, Selasa (28/4/2020).

Amoeng mengatakan, di tengah kondisi pandemi seperti saat ini banyak masyarakat Indonesia kebingungan untuk memilih menjual atau menyimpan emas mereka. Pasalnya dalam kondisi tak menentu, masyarakat cenderung untuk memilih investasi yang paling aman dengan risiko rendah.

Menurut dia, menabung emas di saat terjadi kenaikan harga emas seperti sekarang merupakan pilihan yang bijak. Hal ini dikarenakan menabung dalam bentuk emas merupakan investasi yang paling menguntungkan dan bersifat likuid (mudah dicairkan).

"Jadi solusinya kalau membutuhkan dana, lebih baik dijaminkan ke lembaga keuangan yang menyediakan skema pinjaman dengan jaminan emas," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5,3 Juta Nasabah

Pegadaian mencatat, hingga saat ini ada sekitar 5,3 juta nasabah yang memiliki produk Tabungan Emas per Maret 2020. Jumlah nasabahnya terus bertambah lantaran perseroan selama masa pandemi ini tetap menyediakan layanan transaksi online maupun manual, yakni di 4.115 outlet dan 9.674 agen yang tersebar di seluruh Indonesia

"Kami akan terus mendorong perluasan layanan untuk memberikan akses yang lebih baik bagi masyarakat, baik melalui transaksi secara digital maupun non-digital," pungkas Amoeng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bisnis utama Pegadaian adalah pemberian pinjaman dengan jaminan barang bergerak baik secara konvensional maupun syariah.

    Pegadaian

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini