Sukses

Kenali Perbedaan Kemitraan dalam Program Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang menyediakan pelatihan untuk pengembangan potensi

Liputan6.com, Jakarta - Program Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang menyediakan pelatihan untuk pengembangan potensi. Namun, karena pandemi covid-19, untuk sementara program tersebut hanya dijalankan secara daring.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah menggandeng beberapa mitra. Dalam hal ini, Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky, menjelaskan ada 3 jenis kemitraan dalam kartu prakerja.

"Jadi, ada tiga pihak yang perlu kita kenali dan kita pahami," ujarnya dalam NGopi Teko 2, Senin (27/4/2020).

Adapun kemitraan yang dimaksudkan, antara lain;

1. Lembaga Pelatihan

Menawarkan pelatihan via Platform Digital dan (jika dipilih peserta), juga menyediakan pelatihan bersertifikasi kepada Peserta Kartu Prakerja.

"sampai saat ni, sudah terdapat lebih dari 220 lembaga pelatihan yang menawarkan 2 ribu lebih jenis pelatihan," kata Panji

2. Mitra Platform Digital

Pasar/e-marketplace memfasilitasi peserta kartu prakeja untuk mencari dan memilih jenis pelatihan yang ditawarkan oleh Lembaga Pelatihan.

"Jadi tolong bedakan peran platform digital sebagai penyedia pasar, dan peran lembaga pelatihan sebagai penyedia pelatihan," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Mitra Pembayaran

Bank Umum milik negara atau penyelenggara uang elektronik memfasilitasi penyaluran dana insentif ke akun peserta Kartu Prakerja tanpa dibebankan biaya.

"Jadi menjalankan tugasnya sebagai bank atau uang elektronik, tidak lebih dari itu," ujar Panji

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini