Sukses

Harga Minyak Bangkit Usai Perusahaan AS Hentikan Produksi

mentah naik pada hari Jumat karena produsen energi terus memotong jumlah rig pengeboran minyak di Amerika Serikat dan Kanada

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak mentah naik pada hari Jumat karena produsen energi terus memotong jumlah rig pengeboran minyak di Amerika Serikat dan Kanada. Namun, tolok ukur minyak mentah Brent dan AS, tetap berada di jalur untuk penurunan ketiga minggu berturut-turut karena penghentian produksi global gagal mengimbangi jatuhnya permintaan yang disebabkan oleh pandemi coronavirus.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (25/4/2020), minyak AS naik 44 sen, atau 2,67 persen, lebih tinggi pada USD 16,94 per barel, setelah melonjak hampir 20 persen pada sesi sebelumnya.

Minyak mentah Brent diperdagangkan 32 sen, atau 1,5 peren, lebih tinggi pada USD 21,65. Masing-masing diperdagangkan di wilayah negatif pada titik-titik tertentu sepanjang sesi perdagangan.

Perusahaan energi AS memangkas produksi minyak terbanyak dalam sebulan di bulan April sejak 2015, menurut perusahaan jasa energi Baker Hughes Co. Di Kanada, pengebor memangkas jumlah produksi minyak dan gas ke rekor terendah.

Pasar minyak telah mengalami turbulensi yang belum pernah terjadi sejak harga AS jatuh ke wilayah negatif pada hari Senin untuk pertama kalinya dan patokan internasional Brent merosot ke posisi terendah dua dekade.

Investor telah menjual minyak secara agresif sejak awal Maret, sebagai tanggapan atas jatuhnya permintaan 30 persen karena pandemi.

Penurunan minggu ini akan menandai minggu ke delapan dari sembilan minggu terakhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok Melimpah

Stok yang melimpah di kilang-kilang minyak perusahaan global menjadikan lebih banyak pengurangan produksi, bahkan setelah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, termasuk Rusia, sepakat untuk memangkas produksi sebesar 9,7 juta barel per hari awal bulan ini. Ekonomi global mungkin masih melihat rekor kontraksi tahun ini.

"Terlepas dari langkah-langkah yang diambil oleh OPEC, produsen minyak di berbagai negara harus sadar bahwa mereka mungkin dipanggil untuk mengambil tindakan yang lebih drastis," Diamantino Azevedo, Menteri Sumber Daya dan Perminyakan Angola. Angola adalah anggota OPEC.

Rusia berencana mengurangi separuh ekspor minyak dari pelabuhan Baltik dan Laut Hitam pada Mei sesuai dengan jadwal pemuatan pertama.

Continental Resources Inc, produsen minyak terbesar di North Dakota, telah menghentikan sebagian besar produksinya di negara bagian AS dan memberi tahu beberapa pelanggan bahwa ia tidak akan memasok minyak mentah.

Tetapi dengan stok minyak didunia dan permintaan minyak menyusut sekitar 30 persen, penutupan itu terlalu sedikit untuk menyeimbangkan kembali pasar. Penyimpanan minyak di seluruh dunia sudah hampir 85 persen dari kapasitasnya, menurut perusahaan riset energi Kpler.

Diperkirakan harga minyak ini akan tertolong pada kuartal II tahun ini seiring pemulihan ekonomi di China usai pandemi.

Di Cina, di mana wabah koronavirus dimulai akhir tahun lalu, analis mengatakan penjualan bahan bakar harus meningkat pada kuartal kedua karena Beijing memudahkan pembatasan untuk menahan pandemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini