Selama Wabah Corona, Perhatikan 3 Hal Saat Transaksi Keuangan dan Belanja

Oleh Gilar Ramdhani pada 24 Apr 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 24 Apr 2020, 21:00 WIB
Selama Wabah Corona, Perhatikan 3 Hal Saat Transaksi Keuangan dan Belanja

Liputan6.com, Jakarta Virus corona atau Covid-19 bisa menempel dimana saja, tidak hanya tubuh manusia tapi juga di permukaan apa saja tak terkecuali uang tunai, mesin EDC, dan ATM. Sehingga ketika melakukan transaksi pembayaran, belanja, maupun penarikan uang di mesin atm juga dapat beresiko terkena virus. Menakutkan?

Tentu saja tidak. Selama Anda waspada dan melakukan langkah-langkah antisipasi dengan tepat, resiko terkena virus bisa dicegah dan Anda bisa bertransaksi dengan aman. Selama melakukan transaksi keuangan dan belanja, Anda bisa menerapkan 3 langkah keamanan berikut ini;

1. Gunakan masker dan sarung tangan 

Langkah pertama sudah tentu ketika keluar rumah untuk belanja atau kemana pun kamu perlu gunakan masker dan sarung tangan. Masker penting untuk melindungi diri ketika sedang mengantri, sementara sarung tangan untuk melindungi Anda dari permukaan atau benda apa saja termasuk layar dan tombol yang kerap dipakai banyak orang. Terlebih sekarang ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penggunaan masker dan sarung tangan jadi keharusan.

2. Hindari menyentuh anggota tubuh selama transaksi 

Selama transaksi keuangan dan belanja hindari menyentuh anggota tubuh. Khususnya mulut, hidung dan mata yang paling penting, sebab ketiganya bisa menjadi titik awal masuknya virus. Meskipun kemana-mana sudah membawa dan menggunakan hand sanitizer, akan lebih baik lagi jika tidak menyentuh bagian tersebut.

3. Transaksi online via smartphone

Selama Wabah Corona, Perhatikan 3 Hal Saat Transaksi Keuangan dan Belanja
©Shutterstock

Saat situasi seperti ini transaksi online dan non tunai akan lebih disarankan ketimbang sering bolak-balik memakai mesin atm maupun pembayaran tunai. Menggunakan smartphone pribadi juga  lebih efektif menekan resiko terjangkit virus, selama kamu rutin membersihkannya.  

Simpan Kartu Debit dan Kredit di Aplikasi DANA 

Agar transaksi belanja lebih aman dan praktis, Anda bisa menyimpan kartu debit dan kartu kredit Anda di dompet digital DANA. Dengan ribuan merchant DANA yang tersebar di berbagai toko, minimarket dan supermarket di Indonesia, Anda bisa melakukan pembayaran dengan cepat, tanpa perlu menggesek kartu bank maupun menunggu uang kembalian.   

Simpan Kartu Bank di DANA
Simpan Kartu Bank di DANA.

Cara menambahkan kartu bank di aplikasi DANA tak sesulit yang dibayangkan.

  1. Buka aplikasi DANA.Masuk ke menu Akun Saya.
  2. Pilih Kartu Tersimpan, pilih + KARTU BARU.
  3. Masukkan nomor kartu debit, masa berlaku dan CVV (tiga digit kode di bagian belakang kartu).
  4. Centang untuk setuju menyimpan kartu dan klik LANJUTKAN.
  5. Tunggu proses transaksi selesai dan kamu akan menerima kode verifikasi SMS ke nomor yang terdaftar SMS banking.
  6. Masukkan kode verifikasi dan klik OK.
  7. Setelah berhasil menyimpan kartu kamu akan menerima notifikasi SMS ke nomor terdaftar di DANA yang menyatakan bahwa pembayaran Rp10.000 ke DANA telah dibatalkan.

Kamu tidak perlu khawatir tentang keamanan Kartu Debit maupun Kartu Kredit yang tersimpan di aplikasi DANA. Aplikasi ini memiliki DANA PROTECTION yang diperkuat teknologi keamanan yang canggih, DANA memberikan jaminan proteksi atas semua Saldo DANA maupun kartu-kartu bank yang tersimpan di dalam aplikasi dompet digital DANA, sesuai syarat & ketentuan yang bisa ditemukan langsung di aplikasi DANA.

Ketika memasukkan data nomor kartu, expired date, dan CVV, aplikasi DANA tidak akan menyimpan ketiganya karena nanti di sistem DANA yang muncul hanyalah kode khusus yang mengindikasikan bahwa itu adalah kartu milik pengguna sehingga DANA sama sekali tidak menyimpan data kartu bank Anda.

Semua infrastruktur transaksi digital DANA berada di bawah pengawasan Bank Indonesia dan sudah memiliki sertifikasi PCI DSS (The Payment Card Industry Data Security Standard), yakni standar keamanan tinggi setingkat keamanan perbankan. Selain itu, DANA juga memiliki Data Center dan Data Recovery Center di Indonesia, yang mumpuni dalam menangani skalabilitas transaksi yang tinggi dan melakukan manajemen risiko untuk melindungi pengguna.

Simpan Kartu Bank di DANA bisa kasih kamu kesempatan untuk mendapatkan promo menarik. Buat yang sudah menyimpan kartu debit atau kartu kredit di DANA, ada berbagai penawaran menarik yang diberikan masing-masing bank dan pastinya memberikan banyak keuntungan dalam transaksi.

Yuk move on ke transaksi digital yang lebih aman bareng DANA! Info lebih lengkap klik di sini.