5 Kiat Lewati Krisis bagi Pengusaha Muda

Oleh Tira Santia pada 25 Apr 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 25 Apr 2020, 06:00 WIB
Ilustrasi Grafik Perkembangan, Penjualan, dan atau Pencapaian Perusahaan dan Bisnis

Liputan6.com, Jakarta Masa ketidakpastian ekonomi di tengah pandemi virus corona, banyak wirausahawan muda dan pemimpin bisnis merasakan perasaan tidak nyaman, dan kehilangan arah.

Masa-masa yang belum pernah terjadi ini menciptakan cobaan bagi banyak orang, tetapi betapapun ujiannya tampaknya, dengan tantangan-tantangan itu, datang peluang.

Sebagai seorang wirausaha sendiri, Anda telah mengalami banyak situasi seperti ini, dan harus selalu optimis bisa bertahan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membimbing Anda melalui saat sulit untuk bertahan ditengah pandemi, dilansir dari laman Entepreneur, Sabtu (25/4/2020).

1. Kerja Keras

Terlepas dari seperti apa hari-hari Anda saat ini di bawah COVID-19, Anda perlu terus semangat dengan kewirausahaan Anda. Meskipun Anda mungkin telah mengalami pengurangan sementara dalam bisnis, Anda harus terus bekerja keras, dan berpikir cerdas.

Kita tidak tahu kapan kami akan kembali normal, atau bahkan seperti apa bentuk normal baru itu, tetapi apa yang kita tahu adalah bahwa ini akan berlalu, apakah Anda siap? Analisis setiap skenario sekarang, dan rencanakan strategi rebound Anda untuk memastikan Anda siap untuk membangun kembali usaha Anda.

2. Pastikan Komunikasi Efektif

Pastikan bahwa Anda menjaga staf Anda, klien, dan pemangku kepentingan utama lainnya diperbarui dengan perkembangan bisnis Anda.

Penting untuk transparan saat situasi berkembang dan berubah. Suara yang positif dan tangguh perlu didengar untuk menginspirasi kepercayaan diri, jadi pastikan itu datang dari Anda melalui semua saluran, baik itu panggilan telepon, email, atau media sosial. Orang-orang perlu dihibur oleh orang lain, jadi pimpin dari depan, dan tunjukkan kekuatan.

 

2 dari 2 halaman

3. Tetap Menggali Hal yang Baru

Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan
Ilustrasi pengusaha. Kredit: Freepik

Ini adalah waktu yang ideal untuk menangani hal-hal yang belum sempat Anda lakukan. Itu bisa meninjau kembali sistem dan proses, atau mempelajari sesuatu yang baru. Siapkan sesi pelatihan online untuk tim Anda, baik sebagai penyegaran, atau untuk belajar dan mengembangkan keterampilan baru.

Tinjau bagaimana merek Anda disajikan dalam jaminan perusahaan Anda, mungkin merevisi situs web Anda, dan memperbaruinya, atau merencanakan beberapa konten media sosial yang menarik. Apa pun yang Anda lakukan, jangan berhenti dan ubah sebagian dari pikiran negatif menjadi positif.

4. Percaya Diri

Banyak pengusaha memulai bisnis berdasarkan sesuatu yang benar-benar mereka pedulikan, dan memiliki hasrat untuk melakukannya. Ini adalah elemen inti kesuksesan. Selain bisnis, Anda memiliki gairah lain.

Hal itu memberi Anda cinta untuk hidup percaya diri, dan di saat-saat seperti ini, itu memberi Anda sesuatu selain pekerjaan untuk fokus secara positif. Mungkin Anda bisa menginspirasi orang untuk menemukan hasrat mereka, jadi jika Anda merasa belum menemukan milik Anda, sekaranglah saatnya untuk berpikir tentang apa itu, atau menginvestasikan waktu ke dalamnya, dan saya berjanji kepada Anda itu akan membantu Anda pola pikir.

Gunakan waktu ini untuk memperlambat, duduk, merenung, dan kembali fokus, meluruskan prioritas, dan menyadari apa yang penting bagi Anda dan bagaimana Anda benar-benar ingin menjalani hidup Anda. Jarang sekali kita mendapatkan kesempatan seperti ini, dan jumlah waktu ini, yang merupakan komoditas kita yang paling berharga.

5. Jangan Berhenti

Apa pun yang Anda lakukan, jangan berhenti. Ya, itu sulit, dan ya, Anda mungkin merasa tidak ada jalan keluar, tetapi ini akan berlalu. Anda perlu menggali lebih dalam, dan melakukan berbagai hal secara berbeda. Buat keputusan sulit untuk bertahan hidup, tetapi akhirnya percaya pada diri Anda sendiri melawan segala rintangan. Bekerja keras, belajar selalu, jangan pernah berhenti!

Lanjutkan Membaca ↓