Sukses

Virus Corona Merajalela, Penjual Kue Kering Merana

Sejumlah pedagang kue lebaran mengaku omset yang diperoleh turun drastis akibat adanya wabah virus corona

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis usaha kue kering di bulan suci Ramadan 2020 terasa berbeda dengan tahun sebelumnya. Setelah menurun drastisnya jumlah permintaan kue lebaran saat wabah virus corona atau covid-19 berlangsung.

Hal ini diungkapkan Velyna (26) seorang penjual kue kering rumahan di Kabupaten Cirebon yang biasanya ketiban untung saat memasuki bulan puasa.

"Biasanya sudah banyak pesanan kue masuk  untuk hari raya Idul Fitri. Tahun ini sekarang sepi," keluh Velyna kepada Merdeka.com, Jumat (24/4/2020).

Menurutnya pada awal puasa tahun 2019 pesanan kue lebaran sudah mencapai 50 pcs dari konsumen setianya. Namun, diawal puasa tahun ini pesanan kue yang masuk baru 10 pcs, sehingga bisnisnya menurun drastis lebih dari 70 persen.

Padahal Velyna mengklaim pihaknya belum menaikkan harga jual kue lebaran, berharap dapat menarik minat konsumennya untuk berbelanja disaat kondisi sulit akibat wabah corona. Namun cara ini di rasa belum efektif untuk meningkatkan angka penjualan bisnisnya.

"Masih normal semua harga kue. Tergantung dari variannya kisaran  Rp 25.000 - Rp70.000-an per pcs ," sahut dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Segera Berakhir

Namun, dia menyadari banyak konsumen setianya yang mengalami penurunan pendapatan akibat wabah virus corona. Sehingga ia berharap wabah ini segera berlalu agar bisnisnya kembali berjalan normal seperti tahun sebelumnya.

Velyna kemudian berharap pemerintah daerah berinisiatif untuk menyerap produksi kuenya agar kelangsungan usahanya dapat terjaga. Selain itu masyarakat juga diminta agar tidak mengambil sikap berlebihan dalam merespon pemberitaan terkait wabah virus corona.

"Kalau semuanya panik. Bisnis kita juga jadi terganggu," jelasnya.

Sulaeman

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini