Sukses

Jasa Marga: Penurunan Pengguna Tol Terjadi Sejak 16 Maret

Penurunnya jumlah pengguna di sejumlah jalan tol berimbas pada penurunan pendapatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah resmi melarang seluruh masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Idul Fitri 1441 Hijriyah mulai Jumat (24/4). Namun, sebelum diberlakukannya aturan tersebut, PT Jasa Marga Tollroad mencatatkan telah terjadi penurunan signifikan di sejumlah ruas tol dari dan ke wilayah DKI Jakarta.

Division Head Regional Jasa Marga Metropolitan Tollroad, Reza Febriano mengatakan, tren penurunan pengguna jalan tol mulai terjadi sejak 16 Maret 2020. Hal ini berdasarkan data yang dihimpun perusahaannya pada beberapa titik penurunan pengguna jalan tol hingga 35 persen.

"Di gerbang tol Cikampek turun 12 persen sampai 14 persen, sedangkan penurunan trafik sejak 16 Maret 2020 lebih besar lagi di Cikampek Utama turun 27 persen, Cikupa 26 persen dan Ciawi II 35 persen," kata Reza saat menggelar diskusi secara daring bersama YLKI, Rabu (22/4).

Menurut Reza, menurunnya jumlah pengguna di sejumlah jalan tol berimbas pada penurunan pendapatan PT Jasa Marga Tollroad. Tercatat, hingga kini pendapatan dari ruas tol metropolitan menurun drastis sampai 45 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Kebijakan Pemerintah

Namun, Reza memastikan PT Jasa Marga Tollroad mendukung penuh keputusan pemerintah soal larangan mudik demi memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 yang kian masif.

Ini dibuktikan melalui kerja sama dengan Polri untuk membantu aparat kepolisian melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menunda perjalanan mudik Lebaran 2020.

"Kami siapkan dukungan personil maupun sarana perlengkapan lalu lintas, jadi sifatnya kami mendukung apa yang dijalankan Kepolisian maupun arahan Kementerian Perhubungan untuk mengimbau masyarakat tidak mudik," terangnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini