Sukses

Pertamina Salurkan 6.643 Paket Bantuan bagi Pekerja Informal Perempuan di Hari Kartini

Pertamina memberikan 6.643 paket bantuan sembako, makanan siap santap, kit kesehatan, multivitamin, masker dan modal kerja kepada pekerja perempuan informal yang tetap bekerja di tengah pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Pertamina kembali menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat. Pada peringatan Hari Kartini 21 April 2020 di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, Pertamina dengan memberikan 6.643 paket bantuan sembako, makanan siap santap, kit kesehatan, multivitamin, masker dan modal kerja kepada pekerja perempuan informal yang tetap bekerja di sektor ekonomi riil.

Bantuan tersebut disalurkan kepada perempuan pekerja informal, seperti Pemulung, Guru Honorer, Guru Mengaji, Buruh harian, Penjahit, Tukang Cuci, Pengemudi Taxi, Cleaning Service, PPSU, Pengemudi ojek dan lain-lain. Penyerahan bantuan berlangsung dari tanggal 21 - 24 April 2020 di beberapa titik, diawali dengan Penyerahan Simbolis Paket Sembako di Bright Store SPBU Coco MT Haryono, Selasa (21/4).

Hadir dalam Penyerahan Simbolis di SPBU Coco Jalan MT Haryono President Director PT Pertamina Retail Iin Febrian serta VP CSR & SMEPP Pertamina Arya Dwi Paramita yang menyerahkan bantuan kepada para perempuan yang bekerja sebagai Pengemudi Taksi, Pengemudi ojek, Pekerja Penyapu Jalan dan Cleaning Service.

Turut hadir juga VP Business Development PT Grab Teknologi Indonesia Terence L Bowman, Perwakilan Benihbaik.com Denny Ramelan dan VP Communications Network, and Development PKPU Human Initiative Romi Ardiansyah.

Dari SPBU Coco MT Haryono, tim Pertamina bergerak mendatangi beberapa pekerja sektor informal lainnya di 11 lokasi diantaranya wilayah Kramat, Cempaka Putih, Jagakarsa, Condet dan Cawang, menyerahkan beberapa Paket Sembako kerjasama dengan Human Initiative. Di Jakarta Utara, Pertamina Lubricants salah satu anak usaha Pertamina juga turut memberikan paket sembako kepada 75 petugas kebersihan dan pengemudi ojek perempuan.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan momentum peringatan Hari Kartini tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, Pertamina merayakan Hari Kartini dalam situasi keprihatinan ekonomi dan penyebaran virus corona di hampir seluruh wilayah Indonesia.

“Di Hari Kartini ini, kami hadir untuk mengapresiasi para pejuang perempuan yang bekerja di sektor informal. Mereka umumnya, termasuk kelompok masyarakat yang paling merasakan dampak darurat kesehatan ini, namun harus menyiasati kebutuhan rumah tangga yang meningkat selama anak-anak belajar di rumah,” ujarnya.

Peringatan Hari Kartini, lanjut Fajriyah juga diselenggarakan unit operasi Pertamina di seluruh wilayah Indonesia dalam berbagai bentuk kegiatan dengan tetap mengacu pada protokol Covid 19. Selain di Jakarta, Pertamina melalui Marketing Operation Region VIII Maluku Papua menyalurkan bantuan masing-masing 100 paket sembako di 4 provinsi yakni Maluku Utara, Maluku, Papua dan Papua Barat untuk para perempuan yang bekerja di sektor informal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ragam Kegiatan Bansos Pertamina

Di Kota Boyolali, melalui Marketing Operation Region IV Jawa Bagian Tengah, Pertamina memberdayakan 24 pasang difabel menjadi tim Pertamina Delivery Service (PDS) dengan memberikan bantuan modal masing-masing 3 tabung LPG. Selanjutnya, Pertamina akan bekerja sama dengan agen terdekat agar dapat memberdayakan mereka sebagai layanan pengantaran. Sementara melalui RU IV Cilacap, Pertamina memberikan hygiene kit dan bunga kepada 150 para pekerja perempuan.

Di Balongan, Jawa Barat, melalui RU VI, Pertamina memberdayakan 45 pelaku UMKM binaan Pertamina melalui program jahit masker untuk membantu pencegahan Covid-19. Melalui MOR III, Pertamina juga memberdayakan mitra binaan perempuan untuk memproduksi 1.000 masker yang akan didistribusikan kepada masyarakat di Bandung.

Di Kalimantan, dalam rangka Hari Kartini, Pertamina melalui Marketing Operation Region Kalimantan melaksanakan program Sadari (Periksa Payudara Sendiri) kepada 500 pekerja wanita yang terdiri dari petugas kebersihan jalan dan kader posyandu. Selain itu, juga menyalurkan bantuan Sembako kepada 26 orang pekerja perempuan informal sebagai bagian dari penyaluran 325 paket sembako.

Di Sulawesi, melalui Pertamina MOR VII, Hari Kartini diisi dengan pemberian paket Sembako dan multivitamin kepada 274 petugas medis, di 7 Puskesmas di 6 ibu kota provinsi.

 

3 dari 3 halaman

Paket Makanan untuk Tenaga Medis

Sementara itu di Riau, melalui RU II Dumai, Pertamina mendistribusikan paket makanan kepada 1.000 tenaga medis di rumah sakit dan Puskesmas.

“Tahun ini, kami menilai perempuan pekerja informal ini lebih membutuhkan Sembako untuk meringankan kehidupan ekonomi rumah tangga, apalagi beberapa hari ke depan umat Islam akan memasuki bulan Ramadhan,” imbuh Fajriyah.

Susi, salah satu pekerja informal yang sudah 9 tahun bekerja sebagai supir taksi menyatakan kegembiraannya atas kepedulian Pertamina yang telah membantu meringankan beban keluarganya.

“Saya bersyukur dapat bantuan dari Pertamina di Hari Kartini, mewakili teman-teman srikandi pengemudi saya menyampaikan terima kasih,” ujarnya.

Selain kepada pekerja perempuan, jelang Ramadhan 1441 H, Pertamina juga akan menyalurkan bantuan 2.000 paket Sembako kepada warga kurang mampu di dekat wilayah operasi Pertamina di Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini