Sukses

Jasa Marga Siapkan Skenario Pebatasan Kendaraan Mudik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan melarang seluruh masyarakat untuk pulang kampung atau mudik pada Lebaran 2020

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan melarang seluruh masyarakat untuk pulang kampung atau mudik pada Lebaran 2020. Langkah ini dilakukan demi memutus rantai penularan virus Corona baru (COVID-19).

Terkait dengan keputusan tersebut, Jasa Marga menyiapkan skenario pengamanan di sejumlah pintu tol.

Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, menyampaikan bahwa pihaknya siap melaksanakan kebijakan pemerintah.

"Untuk teknisnya kami akan koordinasi dan bekerjasama dengan Kemenhub dan kepolisian untuk menerapkan skenario pembatasan kendaraan di wilayah jalan tol sesuai kebijakan pemerintah," jelas Heru, Selasa (21/4/2020).

Heru menambahkan, untuk membantu penegakan hukum atas potensi pelanggaran larangan mudik, pihaknya akan menyiapkan dukungan personil dan sarana perlengkapan lalu lintas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebagai informasi, larangan ini akan berlaku mulai Jumat 24 April 2020. Selain itu, kendaraan juga dilarang keluar-masuk Jabodetabek.

"Larangan mudik ini berlaku efektif terhitung sejak hari Jumat tanggal 24 April 2020," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan usai ratas pagi tadi.

Luhut juga menyampaikan bahwa jalan tol tak akan pernah ditutup, tapi dibatasi.

"Kami bersama dengan seluruh jajaran Kemenhub, Polri, TNI dan kementerian/lembaga terkait akan segera melakukan langkah-langkah persiapan teknis operasional di lapangan, termasuk memastikan arus logistik agar jangan sampai terhambat," kata Luhut.

"Dalam hal ini jalan tol tidak akan pernah ditutup, tapi dibatasi," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini