Sukses

Dana Pelatihan Kartu Prakerja Mulai Ditransfer ke Peserta Senin 20 April 2020

Untuk peserta yang sudah mendapatkan nomor dan verifikasi Kartu Prakerja dapat melihat saldo dana pelatihan Selasa pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky, menyatakan bahwa pihaknya akan mengusahakan dana pelatihan peserta program Kartu Prakerja yang lolos gelombang I ditransfer hari ini, Senin (20/4/2020) dan besok, Selasa (21/4/2020).

Dirinya menyatakan, saat ini pihaknya masih melakukan proses verifikasi pendaftaran peserta dan pengalokasian Kartu Prakerja untuk mereka yang lolos tahap awal.

"Gelombang I masih proses, akan mulai diumumkan hari ini dan besok pagi secara bertahap. Setelah dapat bantuan itu, mereka bisa akses pelatihan. Kami berupaya sekeras mungkin, kerja besok pagi untuk memastikan alokasi ini lancar," katanya dalam rapat virtual, Senin (20/4/2020).

Panji melanjutkan, untuk peserta yang sudah mendapatkan nomor dan verifikasi, dapat melihat saldo dana pelatihan Selasa pagi, yang akan diumumkan melalui dashboard situs web Kartu Prakerja.

Kata Panji, setelah peserta Kartu Prakerja mendapatkan saldo dana pelatihan yang dimaksud, mereka bisa mengakses berbagai jenis pelatihan yang dibutuhkan, sebagian besar bersifat daring karena menyesuaikan dengan situasi pandemi saat ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Bisa Diuangkan

Adapun, saldo dana pelatihan tidak akan bisa diuangkan dan harus dibelanjakan untuk pelatihan tersebut.

"Kemudian setelah dapatkan bantuan pelatihan di saldo akun situs Prakerja, mereka bisa mengakses berbagai jenis pelatihan di berbagai platform digital dengan saldo tersebut. Saldo tersebut tidak bisa ditunaikan, hanya untuk beli beragam jenis pelatihan," jelas Panji.

Untuk insentif, tentu akan diberikan setelah pelatihan selesai dikerjakan oleh peserta. Namun Panji menegaskan, untuk saat ini, pihaknya masih fokus mengalokasikan Kartu Prakerja itu sendiri.

"Setelah selesaikan 1 pelatihan, maka platform akan memberi notifikasi ke kami, lalu kami akan mentransfer bantuan insentif Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan. Jadi itu prosesnya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.