Sukses

APEC: Pandemi Corona Membuat 23 Juta Orang di Asia Pasifik Jadi Pengangguran

Corona Covid-19 akan membuat pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik turun menjadi hanya 2,7 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) memperkirakan pandemi Corona Covid-19 akan membuat pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik turun menjadi hanya 2,7 persen. Angka ini jauh di bawah realisasi pertumbuhan ekonomi di 2019 yang berada di angka 3,6 persen.

Dalam catatan APEC, angka pertumbuhan ekonomi ini merupakan penurunan terdalam yang tercatat sejak krisis keuangan global yang terjadi pada 2009.

Penurunan pertumbuhan ekonomi ini membuat kerugian di sektor industri mencapai USD 1,1 triliun. Selain itu, diperkirakan juga akan ada kurang lebih 23 juta orang akan menjadi pengangguran pada 2020.

Direktur Eksekutif Sekretariat APEC Rebecca Sta Maria menjelaskan, kawasan Asia Pasifik mendapat tantangan paling berat karena menjadi harus awal dan terburuk penyebaran pandemi Corona ini. "Tingkat keparahan krisis ini belum pernah terjadi sebelumnya," jelas dia dalam keterangan tertulis, Senin (20/4/2020).

APEC memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan kembali naik atau mengalami rebound pada 2021, dengan wilayah APEC diperkirakan akan tumbuh sebesar 6,3 persen, lebih tinggi dari proyeksi pertumbuhan ekonomi global sebesar 5,8 persen.

"Namun seperti apa rebound tersebut tergantung pada efektivitas mekanisme penahanan anggota untuk menghindari gelombang pandemi Corona lebih lanjut akhir tahun ini," kata Direktur Unit Dukungan Kebijakan APEC Denis Hew.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Respons Cepat

Guncangan ekonomi global yang belum pernah terjadi sebelumnya ini membutuhkan respons regional yang tepat sasaran dan terkoordinasi terhadap pemulihan sosial ekonomi, termasuk dukungan yang lebih besar untuk sistem perawatan kesehatan dan peningkatan perlindungan sosial.

Dalam catatan APEC, wilayan Asia Pasifik memiliki rata-rata 4,1 tempat tidur di rumah sakit; 1,9 dokter; dan 3,9 perawat atau bidan per 1.000 orang. Angka-angka ini membaik jika dibandingkan dengan wabah SARS pada 2003.

Kapasitas sistem kesehatan saat ini tidak mencukupi mengingat tingkat infeksi yang secara signifikan lebih tinggi dan ketidakpastian durasi pandemi Corona ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini