Sukses

Penumpang Angkutan Umum Turun Drastis Akibat Corona, MRT Anjlok 94 Persen

Jumlah penumpang angkutan umum di masa pandemi Corona turun drastis.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti menyatakan, jumlah penumpang angkutan umum di masa pandemi Corona turun drastis.

Hal ini dikarenakan pemerintah sudah menerapkan pembatasan transportasi sejak Maret lalu sehingga beragam moda mulai dari Transjakarta hingga MRT mengalami penurunan penumpang.

"Dalam beberapa waktu terakhir kami sangat intensif melakukan rapat koordinasi dengan Dishub Se-Jabodetabek, dan hasil pantauan lapangan mereka, pengguna angkutan umum cenderung menurun," kata Polana dalam keterangannya, Senin (20/4/2020).

Adapun per tanggal 15 April 2020, penumpang Transjakarta turun 34,52 persen hanya berkisar 83 ribu orang per hari dari yang sebelumnya 840 ribu orang per hari.

Lalu untuk MRT, penurunan penumpang didata mencapai 94,11 persen dari yang awalnya 85 ribu orang per hari menjadi hanya 5 ribu orang per hari saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KRL

Untuk KRL, penyusutan penumpang mencapai 78,69 persen, dari yang semula 859 ribu orang menjadi hanya sebanyak 183 ribu orang. Sementara untuk LRT terjadi penurunan 93,05 persen dari 3.800 orang per hari menjadi 264 orang per hari.

Sampai dengan saat ini belum diperoleh data volume penumpang angkutan umum di luar DKI Jakarta dalam wilayah Jabodetabek. Namun dengan adanya pengurangan jumlah penumpang angkutan umum massal tersebut dengan sendirinya juga akan mengurangi jumlah penumpang-yang diangkut oleh feeder-feeder di masing-masing wilayah.

Hal yang sama terjadi pada bus AKAP, dimana terjadi penurunan penumpang dari kedatangan maupun keberangkatan berkisar 8 hingga 83 persen di Terminal Baranangsiang Bogor, Terminal Pondok Cabe Tangerang, Terminal Jatijajar Depok dan Terminal Poris Plawad Tangerang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.