Sukses

Ingin Sukses Memimpin Startup, Ikuti 8 Tips Berikut

Seperti saat membangun startup, untuk bisa sukses, sangat bergantung pada kepemimpinan dan kemampuan pemimpinnya.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang berpikir jika mereka merupakan seorang pemimpin. Meski kenyataannya sebagian besar jauh dari itu. Seperti saat membangun startup, untuk bisa sukses, sangat bergantung pada kepemimpinan dan kemampuan beberapa orang untuk mengatur tujuan sehari-hari dan jangka panjang bisnis yang digelutinya.

Meskipun terdengar sederhana, tetapi kenyataannya adalah tidak semua orang cocok untuk memimpin dan menjalankan startup hingga mencapai kesuksesan. Ini membutuhkan pola pikir dan segudang keterampilan tertentu.

Berikut 8 tips yang bisa membantu Anda memimpin tim saat menjalankan bisnis startup, dilansir dari laman Business Insider, Senin (20/4/2020).

1. Percaya diri, bersemangat dan positif

Keyakinan itu membuat Anda ketagihan. Jika Anda menunjukkan wajah percaya diri, tim juga akan merasakan hal yang sama. Hal itu mengarah pada tim yang kuat dan positif yang mampu mencapai titik awal.

Kasih sayang dan antusiasme itu sifatnya menular. Pemimpin besar bersemangat tentang apa yang mereka lakukan, dan mereka berusaha untuk membagikan hasrat itu kepada semua orang di sekitar mereka.

Hal positif berhubungan dengan hasrat, tetapi kadang-kadang positif lebih sulit disebarkan daripada negatif. Penelitian telah menemukan bahwa berpikir positif lebih bermanfaat bagi tim daripada motivator non-finansial lainnya, dan ia mempromosikan pola pikir tim yang sehat.

2. Buat Perencanaan

Saat membuat rencana perusahaan, Anda perlu melakukannya dengan seluruh tim, sehingga mereka semua merasa seolah-olah dihargai dalam memuruskan keputusan-keputusan dari perusahaan.

Alih-alih membuat proses yang dipaksakan pada mereka, Anda perlu memiliki visi yang jelas tentang apa yang pekerja tuju dan apa tujuan akhirnya.

3. Bertanggung jawab

Seorang pemimpin adalah seseorang yang ingin diikuti oleh suatu tim, biasanya karena mereka telah menunjukkan integritas pribadi. Seorang pemimpin yang bertanggung jawab bertindak tanpa pamrih dan untuk kepentingan tim.

Pemimpin yang bertanggung jawab melakukan penilaian mendalam berdasarkan fakta dan data yang dikumpulkan daripada langsung ke kesimpulan.

4. Memotivasi dan rendah hati

Visi adalah ide yang jelas tentang ke mana Anda akan pergi. Perasaan memiliki tujuan adalah tentang memahami mengapa ingin pergi ke sana. Orang-orang senang merasa mereka bagian dari sesuatu yang lebih besar daripada diri sendiri, dan para pemimpin hebat memberi perasaan pada orang lain.

Tim anggota hanya akan berkinerja baik jika mereka termotivasi dan dapat melihat alasan untuk melakukan sesuatu. Ini adalah keterampilan inti seorang pemimpin yang hebat untuk membuat tim mereka menjadi sukses.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Pahami tim

Para pemimpin hebat memperjelas bahwa mereka menyambut tantangan, kritik, dan sudut pandang selain dari tantangan mereka sendiri.

Tidak masalah, tunjukkan pada orang yang bekerja sama dengan Anda bahwa berada di tim yang sama dan mampu berjalan jauh. Tim tidak akan 100 persen efektif sepanjang waktu, dan anggota tim akan memiliki hari libur.

Menghabiskan waktu untuk memahami masing-masing anggota grup Anda dan mengenali masalah apa pun, baik pekerjaan atau pribadi, yang dapat mempengaruhi mereka di tempat kerja akan jauh.

6. Merangkul pekerja dari segala usia

Banyak startup mencoba untuk mengumpulkan tim muda dan dinamis. Pemimpin yang cerdas akan berusaha untuk melibatkan lebih banyak orang yang berpengalaman dalam sebuah tim dan merangkul pengetahuan dan pengalaman mereka.

Pekerja yang lebih tua memiliki banyak hal untuk ditawarkan dan dapat menjadi mentor yang hebat bagi anggota tim yang lebih muda yang mungkin tidak mengalami beberapa masalah yang dialami oleh pekerja yang lebih tua.

7. Menyiapkan sumber daya yang tepat

Tim tidak dapat bekerja tanpa alat dan bahan yang tepat. Ini adalah tanggung jawab Anda sebagai pemimpin untuk memastikan bahwa mereka memiliki apa yang jadi kebutuhan.

Itu berarti bahwa Anda mungkin harus membantu anggota tim jika mereka ditugaskan dengan sesuatu yang membutuhkan sumber daya.

8. Berkomunikasi di semua tingkatan

Komunikasi adalah pekerjaan nyata dari kepemimpinan. Ini adalah elemen mendasar bagaimana para pemimpin mencapai tujuan mereka setiap hari.

Sebagai seorang pemimpin yang efektif, Anda harus melibatkan orang-orang di semua tingkatan bisnis dan memastikan bahwa mereka memahami dengan tepat apa yang dibutuhkan.

Seorang komunikator yang baik mampu menyampaikan pesan dan meredakan ambiguitas. Orang-orang akan pergi memahami pesan dan siap untuk mengikuti petunjuk Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini