Sukses

Patuhi PSBB Jakarta, Antam Buka Transaksi Emas Online

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) mendukung kebijakan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta dengan membuka layanan transaksi emas online.

Liputan6.com, Jakarta PT Aneka Tambang Tbk (Antam) mendukung kebijakan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta dengan membuka layanan transaksi emas online.

Melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM), perusahaan itu memaksimalkan website www.logammulia.com untuk memudahkan masyarakat membeli emas. Antam juga membuka fasilitas reservasi melalui aplikasi whatsapp untuk pelanggan yang melakukan buyback atau menjual kembali emasnya.

Dalam keterangan tertulis, Direktur Niaga Antam, Aprilandi H. Setia mengatakan sistem transaksi online ini dilakukan sebagai wujud komitmen pelayanan kepada pelanggan.

“Selain untuk mencegah penyebaran Covid-19, transaksi online dijalankan Perusahaan untuk memberi kemudahan kepada pelanggan dalam bertransaksi emas baik membeli maupun menjual. Hal ini juga bentuk komitmen pelayanan kepada masyarakat,” kata Apriladi. 

Menurut Aprilandi, Butik Emas Logam Mulia beroperasi secara terbatas untuk pengambilan pesanan emas pelanggan ataupun untuk keperluan buyback emas. Ditengah pandemi Covid-19, minat masyarakat untuk bertransaksi emas tetap tinggi. Sampai dengan 17 April 2020, harga emas tercatat mencapai Rp 942.000 per gram.

Pada sistem transaksi online, tersedia dua layanan yakni emas langsung diambil di Butik Emas Logam Mulia terdekat atau dikirim melalui ekspedisi yang bekerjasama dengan Antam. Untuk buyback bisa dilakukan di Butik Emas terdekat setelah membuat perjanjian melalui aplikasi whatsapp. Khusus di Jakarta, Butik Emas yang beroperasi adalah Butik Graha Dipta di Pulogadung, Jakarta Timur.

Berikut ini penting untuk diperhatikan soal mekanisme transaksi emas Antam ditengah pandemi Covid-19:

Transaksi Pembelian Emas Online 

Pelanggan membeli emas secara online di www.logammulia.com. Pelanggan bisa memilih lokasi Butik Emas terdekat untuk pengambilan barang. Selama pandemi Covid-19 produk yang dapat dibeli adalah CertiCard dan Gift Series sesuai dengan ketersediaan stok. Pelanggan dapat mengambil logam mulia yang telah dibeli dengan batas waktu 7 hari kalender setelah transaksi dilakukan. 

Pengambilan logam mulia di Butik Emas terdekat dapat dilakukan dengan persyaratan: Tidak dapat dikuasakan, Membawa KTP asli serta bukti  transaksi online. Sementara itu, untuk transaksi yang menggunakan layanan delivery service oleh ekspedisi yang bekerjasama dengan Antam dapat dilakukan untuk transaksi hingga Rp100 juta.

Reservasi layanan Buyback via WhatsApp

Selain website, pilihan lain untuk membeli ataupun menjual (buyback) adalah melalui aplikasi WhatsApp. Setiap Butik Emas Logam Mulia yang beroperasi saat ini memiliki nomor unik WhatsApp yang berbeda untuk memudahkan dan memberikan keamanan kepada pelanggan. 

“Sistem pre-order logam mulia dan reservasi buyback lewat WhatsApp Kami lakukan untuk meminimalisir pertemuan dengan customer service dan menghindari durasi antri yang lebih lama, serta memudahkan dan menjaga keamanan transaksi pelanggan,” kata Aprilandi.

Dengan mekanisme ini, pelanggan dapat memesan logam mulia sesuai keinginan atau membuat janji temu untuk melakukan transaksi buyback, lalu datang ke Butik Emas yang dipilih sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. 

Pembayaran lewat transfer virtual account

Antam menerapkan sistem transaksi non-tunai untuk seluruh transaksi emas di Butik Emas Logam Mulia yang beroperasi. Pelanggan dapat memanfaatkan fasilitas yang aman dan mudah dengan sistem pembayaran transfer virtual account

Selain Jakarta, saat ini tercatat ada 10 Butik Emas yang beroperasi secara terbatas untuk melayani pengambilan emas dan melakukan transaksi buyback di Bandung, Surabaya, Semarang, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Medan, Yogyakarta, Palembang, dan Denpasar. Butik Emas Logam Mulia di luar Jakarta juga terus menyesuaikan kebijakan Pemerintah Daerah setempat terkait penerapan PSBB.

Antam mewajibkan protokol kesehatan kepada seluruh pegawai dan pelanggan antara lain pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dengan hand sanitizer atau di portable handwash yang disediakan, menggunakan masker dan menerapkan pembatasan jarak fisik. 

Lokasi Butik Emas, mekanisme pembelian online, dan nomor WhatsApp untuk pemesanan dapat dilihat di www.logammulia.com dan instagram UBPP Logam Mulia ANTAM, @antamlogammulia.

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.