Sukses

Sandiaga Tak Menyangka Bisnis Tiwul Bisa Go Internasional, Emak-emak Raup Omzet Puluhan Juta

Mariam sukses menjadikan tiwul sebagai peluang usaha yang menjanjikan dan mulai mengekspornya ke luar negeri. Bermodalkan Rp1 Juta, kini omzetnya per bulan mencapai Rp23 juta.

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang memulai usaha hanya berdasarkan dari hal yang digemari atau disukai, fakta tersebut rasanya bertolak belakang dengan kisah pengusaha bernama Siti Mariam. Hidup dalam keterbatasan ekonomi sejak kecil membuat Mariam terpaksa mengkonsumsi 'tiwul' yaitu makanan yang terbuat dari singkong.

"Saat itu belum ada beras, jadi setiap hari kita di beri makan tiwul, tiwul dan tiwul. Bahkan saya juga disuruh jualan tiwul untuk membantu orangtua, sampai saya punya perasaan gak suka dan benci banget sama tiwul," curhat Siti Mariam di acara Jemput Rezeki.

Ia pun sempat mencoba merubah nasib dengan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hongkong, namun hal tersebut tak berlangsung lama. Ketika memutuskan kembali ke Wonosobo, Jawa Tengah, Mariam bertekad untuk membalikan rasa dendamnya menjadi rasa cinta terhadap tiwul.

Meski inovasinya sempat gagal berulang kali, Mariam akhirnya sukses menjadikan tiwul sebagai peluang usaha yang menjanjikan dan mulai mengekspornya ke luar negeri. Hanya dengan modal Rp1 Juta, kini omzetnya per bulan mencapai Rp23 juta.

Kisah inspiratif Siti Mariam akan diulas secara lengkap oleh Sandiaga Uno dalam program 'Jemput Rezeki' yang akan tayang di Indosiar pada Sabtu, 18 April 2020, pukul 06.30 WIB.

Sekadar informasi, pengambilan gambar 'Jemput Rezeki' ini dilakukan sebelum imbauan pemerintah terkait social dan physical distancing akibat wabah COVID-19 di Indonesia.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini