Sukses

Menko Luhut Akui Ada Negara Tolak Pesanan APD Indonesia

Beberapa perusahaan garmen di Indonesia saat ini telah memproduksi APD seiring menyebarnya wabah Virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan adanya negara yang menolak pembelian alat pelindung diri (APD) yang telah dipesan pemerintah Indonesia. 
 
"Yang dikatakan Presiden (Jokowi) sudah ada yang reject kayaknya benar," kata dia melalui video konferensi bersama wartawan, Jakarta, Selasa (14/4/2020). 
 
Meski begitu, Luhut meyakini, pengadaan APD saat ini tidak tergantung lagi dengan negara lain. Sebab banyak APD bagi perawat dan pekerja di rumah sakit sudah dibuat di dalam negeri.
 
 
Beberapa perusahaan garmen di Indonesia saat ini telah memproduksi APD seiring menyebarnya wabah Virus Corona. Hanya saja pemerintah masih kekurangan alat ventilator. 
 
Namun, seiring berjalannya waktu muncul alternatif selain mengandalkan impor. Salah satunya ventilator yang dibuat oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). 
 
"Itu sekarang dibuat ITB, meski tidak sebagus luar karena ventilator lagi diperebutkan," kata Luhut. 
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Impor

Luhut juga membuka peluang impor bahan pembuatan masker N95 dari China dan Korea Selatan lewat kapal kargo. Sehingga bisa tiba di Indonesia dalam waktu dekat. 
 
Mantan  Kepala Staf Kepresidenan ini menegaskan untuk tidak curiga berpikiran negatif terhadap China. Sebab, saat ini banyak sumber yang memang dimiliki China dalam menangani virus ini. 
 
Dia mengingatkan dalam kondisi ini negara tidak bisa bekerja sendiri. Semua negara harus saling bekerjasama melawan wabah Covid-19.
 
"Saya garis bawahi tidak ada negara yang bisa independen sekarang ini, semua harus kerja sama," kata Luhut mengingatkan.
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini