Sukses

Masih Dibuka, Simak Hal yang Harus Disiapkan jika Ingin Daftar Kartu Prakerja

Prioritas atau fokus program Kartu Prakerja adalah Pekerja yang dirumahkan dan yang terkena PHK. Serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan sumber pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Program Kartu Prakerja resmi meluncur pekan lalu. Program ini menjadi salah satu upaya untuk menekan dampak wabah Virus Corona terhadap ekonomi Indonesia.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, prioritas atau fokus program Kartu Prakerja adalah Pekerja yang dirumahkan dan yang terkena PHK. Serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan sumber pekerjaan.

Hingga Selasa (14/4/2020) siang, tercatat 3,7 juta orang mendaftar.  Dari jumlah tersebut, yang sudah terverifikasi email dan NIK serta dinyatakan lolos tahap pertama mencapai 926.790 jiwa. 

Diketahui pendaftaran Kartu Prakerja gelombang pertama dibuka mulai 11-16 April 2020, dan terbuka selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Dengan begitu, Anda bisa mendaftar dan mengakses laman resmi www.prakerja.go.id kapan pun.

Lalu apa saja yang harus Anda persiapkan jika ingin mendaftar kartu prakerja?

Dilansir dari laman resmi prakerja.go.id, caranya terbilang sederhana. Namun sebelum mendaftar pastikan Anda Warga Negara Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Berikut cara dan yang harus Anda lakukan:

1. Buka laman resmi www.prakerja.go.id untuk mendaftar

2. Pilih menu daftar sekarang

3. Lalu akan diminta untuk mengisi alamat email. Jika belum memiliki alamat email, maka perlu membuat dahulu, karena untuk validasi atau verifikasi

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Lainnya

4. Masukan kata sandi atau Password minimal 8 karakter atau lebih, lalu centang tulisan “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku”.

5. Jika proses sudah berhasil, maka Anda akan diminta untuk mengisi data diri berupa nama lengkap, Alamat sesuai KTP. Serta mengisi hal-hal lainnya seperti jenis kelamin, pendidikan terakhir, status kebekerjaan, dan lain sebagainya.

6. Setelah itu harus menyiapkan foto KTP, dan foto diri (Selfie) memegang KTP. Ingat! Maksimal pengunggahan hanya 2 MB.

7. Apabila semua tahapan sudah dilalui dan berhasil, Anda akan ke tahap selanjutnya yakni menjalani Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang Anda miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal yang berjumlah 18 soal yang perlu dijawab dalam waktu 25 menit.

8. Kemudian pilih Pelatihan yang Anda inginkan. Pastikan mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang sudah dipilih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini