Sukses

Gubernur BI Dekati Bank Sentral di Eropa Ajak Kerja Sama Repo

Selain repo line, Bank Indonesia juga menjalin kerja sama bilateral swap dengan sejumlah negara.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) tengah menjajaki kerja sama repo lines dengan sejumlah bank sentral di Eropa. Namun Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo masih belum mau membeberkan nama-nama negara tersebut.

"Kami terus berkoordinasi dengan bank sentral di berbagai negara Eropa," kata Perry di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (14/4/2020).

Perry berjanji jika kerja sama ini mencapai kesepakatan, akan diumumkan secara terbuka. Bank Indonesia terus menjalin kerja sama di tengah krisis global akibat pandemi Corona Covid-19.

Beberapa kerja sama yang berhasil dijalin pada repo line yakni The Fed Reserve, Amerika Serikat senilai USD 60 miliar. Lalu dengan Bank for International Settlements, Bank Sentral Swiss sebesar USD 2,5 miliar.

Sementara kerja sama repo line Bank Indonesia dengan Monetary Authority of Singapore (MAS) atau Bank Sentral Singapura sebesar USD 3 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bilateral Swap

Selain repo line, Bank Indonesia juga menjalin kerja sama bilateral swap dengan sejumlah negara. Di antara dengan Bank Rakyat Tiongkok (BRT) China, sekitar USD 30 miliar. Lalu dengan Bank sentral Jepang atau Bank of Japan sekitar USD 22,76 miliar.

Kerja sama Bank Indonesia dengan Bank Sentral Korea Selatan, sekitar USD 10 miliar. Sementara dengan Bank Sentral Singapura setara USD 7 miliar atau SGD 10 miliar.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.