Sukses

Tips Berdiskusi Soal Keuangan dengan Pasangan di Tengah Pandemi

Selama pandemi virus corona mungkin menjadi saat sulit untuk membicarakan keuangan dengan pasangan, berikut caranya

Liputan6.com, Jakarta Ketika berbicara tentang uang dengan pasangan selama masa-masa sulit keuangan, seperti krisis ekonomi saat ini akibat pandemi virus corona bukan hal mudah. Ada kemungkinan besar bahwa percakapan mungkin akan berjalan berbeda dari biasanya.

Marcy Keckler, Wakil Presiden Strategi Saran Keuangan di Ameriprise Financial, mengatakan berbicara tentang uang sulit bagi banyak orang bahkan dalam keadaan normal.

Selama periode ketidakpastian, pasangan mungkin berurusan dengan stres yang bisa membuat percakapan yang sulit menjadi tantanga tersendiri.

Mungkin perlu untuk menyesuaikan cara dalam membicarakan keuangan dengan orang-orang penting seperti pasangan. Berikut tipsnya seperti melansir laman CNBC, Rabu (15/4/2020).

1. Lebih sensitif terhadap perasaan pasangan 

Selama periode ketidakpastian ekonomi, orang merasa  lebih cemas tentang keuangan mereka. "Penting untuk mendengarkan dan mengakui ketakutan pasangan dan berkomunikasi secara terbuka," kata Lauren Anastasio, Perencana Peuangan bersertifikat di Perusahaan Keuangan Pribadi Online Sofi.

Memiliki pembicaraan uang saat pertengahan pandemi adalah ide bagus, "ketika didekati dengan cara yang benar," kata Monica Dwyer, Perencana Keuangan bersertifikat yang berbasis di Ohio.

Sepanjang diskusi, cobalah untuk memikirkan dari mana pasangan berasal dan mengapa. Mereka mungkin sangat khawatir tentang masalah yang belum pikirkan atau tidak terlalu ditekankan. Sangat penting bagi  untuk mendengarkan dengan cermat dan sungguh-sungguh mempertimbangkan kekhawatiran mereka.

Anda juga tidak boleh "takut untuk berbicara tentang perasaan Anda," kata Kumiko Love, pendiri The Budget Mom. Ini adalah waktu bagi "kedua pasangan untuk menjelaskan bagaimana perasaan mereka tentang situasi keuangan mereka."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sesuaikan keuangan dengan kebutuhan

 

Selain memastikan berdua merasa didengar, harus memperhatikan bagaimana keuangan terlihat sekarang.  ingin bersiap-siap untuk kemungkinan cara pandemi dapat mempengaruhi situasi keuangan. Membuat perubahan sekarang dapat membantu melindungi diri sendiri.

Berikut adalah lima langkah yang disarankan oleh para ahli.

- Buat dana darurat

Jika khawatir tentang keuangan, membuat dana darurat harus menjadi langkah pertama .Biasanya, para ahli mengatakan memiliki tiga hingga enam bulan biaya hidup dihemat jika terjadi situasi yang mengerikan, seperti kehilangan pekerjaan atau darurat medis.

Jika  belum memiliki simpanan darurat apa pun, mulailah berkontribusi apa pun yang bisa dilakuakan setiap minggu atau dua minggu

- Diskusikan keamanan pekerjaan

Jika takut akan diberhentikan atau penghasilan menurun, bicarakan sekarang. Pertimbangkan "langkah-langkah mana yang dapat diambil sekarang untuk mempersiapkan masa depan," kata Love.

Jika kehilangan pekerjaan, apakah salah satu bersedia dan mampu membayar tagihan yang lain sampai mereka mulai mendapatkan penghasilan lagi? Apakah salah satu memenuhi syarat untuk asuransi pengangguran? Berapa lama penghematan uang tunai?

- Tinjau anggaran 

Jika anggaran  tidak sesuai, maka mungkin perlu menyesuaikannya. Dan jika belum memiliki anggaran, sekarang saatnya untuk membuat anggaran, kata Howard Dvorkin, Akuntan Publik bersertifikat dan ketua Debt.com.

Saat meninjau anggaran  bersama, lihat periode sebulan yang lalu dan lihat apa yang dibelanjakan dan berapa banyak penghasilan, kata Love. Dari analisis ini, harus dapat mengidentifikasi bagaimana menggunakan uang dan di mana dapat mengurangi.

"Anda tidak dapat menghemat uang jika Anda tidak tahu bagaimana Anda membelanjakan uang Anda," kata Dvorkin.

- Kaji ulang tujuan 

Selama masa percobaan ini, "mungkin perlu menilai kembali tujuan keuangan Anda," kata Keckler. Aspirasi yang mungkin tampak seperti prioritas beberapa bulan lalu mungkin perlu ditunda.

Menabung untuk berlibur atau membeli mobil baru yang mahal, misalnya, mungkin tidak memenuhi syarat sebagai keharusan jika keluar dari pekerjaan atau jatuh sakit dalam waktu dekat.

"Setiap kemunduran yang dialami selama periode ini apakah  terkait pekerjaan atau kesehatan  dapat mengganggu tujuan keuangan Anda saat ini jika Anda tidak mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi rintangan," kata Keckler.

Membangun kembali tujuan akan memungkinkan untuk mengalihkan uang ke hal-hal seperti menyiapkan dana darurat.

- Periksa akun investasi 

Karena pasar terus menghadapi pasang surut, jangan panik dan langsung menjual investasi. “Sangat menegangkan melihat penghematan yang diperoleh dengan susah payah Anda lakukan. Tetapi jika menjual investasi ketika pasar jatuh, Anda mungkin mengunci kerugian, yang mungkin sulit untuk dipulihkan dari nanti, ”kata Keckler.

"Tetap saja, merupakan ide bagus untuk memeriksa akun, terutama jika  akan membutuhkan akses ke uang itu segera, kata Kristin O'Keeffe Merrick, penasihat keuangan di O'Keeffe Financial Partners.

Jika  berharap untuk segera pensiun atau berencana untuk menggunakan investasi untuk tujuan lain, penting untuk "memahami seberapa banyak investasi telah ditarik kembali," kata O'Keeffe Merrick.

Tetapi bahkan jika  berencana untuk segera pensiun, jangan membuat keputusan impulsif apa pun. Sekarang adalah saat yang tepat untuk check-in dengan perencana keuangan bersertifikat atau profesional keuangan berkualifikasi lainnya dan mengevaluasi akun  bersama. Mereka dapat membantu  menentukan apakah  perlu realokasi portofolio  atau melikuidasi investasi apa pun.

 

 

3 dari 3 halaman

3. Jadwalkan pembahasan secara berkala

 

Jangan biarkan diskusi berakhir. Jadwalkan rapat rutin selama beberapa minggu dan bulan mendatang untuk mengobrol tentang bagaimana melakukan keuangan sebagai pasangan.

Biasanya, "dengan asumsi Anda memiliki rencana di tempat dan sebagian besar keuangan Anda otomatis, memeriksa sekali dalam setahun tentang tujuan dan prioritas keuangan sangat cukup," kata Priya Malani, Pendiri dan CEO Stash Wealth.

Namun, pada saat ekonomi naik dan turun secara konsisten, lebih baik sering melakukan pemeriksaan. Karena kita berada di tengah pandemi. “Check-in dua bulanan, mingguan, atau bahkan lebih sering mungkin masuk akal dalam kasus-kasus tertentu,” kata Malani.

Obrolan ini dapat berfungsi sebagai pos pemeriksaan yang memungkinkan  untuk mengevaluasi kembali bagaimana dapat menghemat lebih banyak dan mengurangi pengeluaran jika diperlukan.

"Pada awalnya, Anda mungkin merasa nyaman menjaga Netflix, Hulu, Amazon Prime Video dan AppleTV, tetapi seiring berjalannya waktu, Anda mungkin ingin menjadi lebih agresif dengan memotong," tandas Malani.

 

Reporter : Tiara Sekarini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.