Sukses

Peserta Kartu Prakerja Bisa Ikut Lebih dari Satu Pelatihan

Insentif Kartu Prakerja sebesar Rp 3,5 juta per orang itu terdiri dari bantuan biaya pelatihan dengan nilai Rp 1 juta

Liputan6.com, Jakarta - Para peserta Kartu Prakerja dapat mengikuti lebih dari satu pelatihan dalam waktu yang berbeda, asalkan nilai program yang dipilih tak lebih dari Rp 1 juta.

Dari total insentif Kartu Prakerja sebesar Rp 3,5 juta, termasuk di dalamnya sebesar Rp 1 juta sebagai modal peserta memilih atau membeli jenis keterampilan yang disediakan pada website prakerja.go.id, dan disebut biaya pelatihan.

"Peserta dapat mengikuti lebih dari satu pelatihan, sepanjang biaya pelatihannya tidak lebih dari Rp 1 juta," kata Direktur Kemitraan Kartu Prakerja, Panji W. Ruky dalam webinar Katadata, Senin (13/4/2020)

Pelatihan yang diberikan memiliki biaya yang berbeda-beda, dan para peserta bebas memilih pelatihan yang dibutuhkan. Namun, peserta tidak bisa mengikuti lebih dari satu pelatihan dalam waktu bersamaan. Artinya, peserta harus menyelesaikan pelatihan yang pertama kali dipilih untuk mengikuti pelatihan berikutnya.

Saat ini, kata Panji, pelatihan yang disediakan dalam Kartu Prakerja hanya berbasis daring (online) karena adanya physical distancing dalam rangka mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Namun, pelatihan tersebut akan tersedia secara offline saat masa pandemi corona selesai. Saat ini, jumlah pelatihan offline yang tersedia berkisar 900 - seribu jenis pelatihan.

"Sebenarnya kami sudah menyiapkan 3 ribu pelatihan online dan offline, namun saat ini kami belum bisa menyelenggarakan pelatihan offline," ujarnya.

Nantinya, lanjut Panji, lembaga pelatihan tersebut akan tersedia dalam platform digital yang jadi mitra dalam kartu prakerja. Sejumlah platform digital yang bergabung dalam Kartu Prakerja meliputi Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bebas Pilih

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari juga mengutarakan hal yang sama dalam video konverensi, menjelaskan insentif sebesar Rp 3,5 juta per orang itu terdiri dari bantuan biaya pelatihan dengan nilai Rp 1 juta.

Dari Rp 1 juta tersebut, peserta program Kartu Prakerja bisa membeli pelatihan apapun yang diinginkan misalnya tentang bagaimana mengelola utang, mendapatkan kredit, serta bagaimana bebisnis menjual online dan lain-lain.

"Kalau misalnya pelatihan yang harganya 200 ribu maka teman-teman bisa mendapatkan pelatihan yang lain, tapi untuk menyelesaikan maka selesaikan yang pertama dulu," kata Puspa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini