Sukses

Harga Minyak Stabil Usai OPEC Sepakat Turunkan Produksi

Harga patokan internasional yaitu minyak mentah Brent diperdagangkan 10 sen lebih tinggi pada USD 31,58.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak bergerak lebih rendah dalam perdagangan semalam setelah OPEC dan sekutunya setuju untuk memotong produksi sebesar 9,7 juta barel per hari. Kesepakatan itu, yang diselesaikan pada Minggu setelah diskusi maraton yang berlangsung selama empat hari, adalah pemangkasan produksi tunggal terbesar dalam sejarah.

Dikutip dari CNBC, Senin (13/4/2020), harga minyak mentah antara West Texas Intermediate (WTI) AS turun 2,5 persen diperdagangkan pada USD 22,25 per barel. Sementara patokan internasional, harga minyak mentah Brent diperdagangkan 10 sen lebih tinggi pada USD 31,58.

Dalam beberapa menit pertama perdagangan yang fluktuatif, WTI melonjak 8 persen sebelum menghapus keuntungan tersebut menjadi negatif.

Kelompok itu, yang dikenal sebagai OPEC+, awalnya mengusulkan pemotongan produksi sebesar 10 juta barel per hari atau sekitar 10 persen dari pasokan minyak global, pada Kamis. Tetapi Meksiko menentang jumlah yang diminta untuk dipotong, menahan kesepakatan akhir. Di bawah perjanjian baru, Meksiko akan memotong 100 ribu barel per hari, bukan alokasi awal 400 ribu barel per hari.

Pemotongan 9,7 juta barel per hari akan dimulai pada 1 Mei, dan akan diperpanjang hingga akhir Juni. Pemotongan kemudian akan berkurang menjadi 8 juta barel per hari dari Juli hingga akhir 2020, dan 6 juta barel per hari dari Januari 2021 hingga April 2022.

“Tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk masa yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Ed Morse, Kepala Komoditas Global Citi, menulis dalam sebuah catatan kepada klien pada hari Minggu.

Morse mengatakan pemotongan akan memiliki dampak yang signifikan pada paruh kedua tahun ini dan membantu mengangkat harga ke USD 40 pertengahan pada akhir tahun, tetapi akan ada rasa sakit jangka pendek sementara pasar menyeimbangkan kembali.

"Sudah terlambat untuk mencegah membangun persediaan super besar lebih dari 1 miliar barel antara pertengahan Maret dan akhir Mei dan menghentikan harga spot dari jatuh ke dalam satu digit," katanya.

Pada Kamis, harga minyak mentah WTI turun lebih dari 9 persen karena para pedagang khawatir pemotongan itu tidak akan cukup besar untuk memerangi penurunan permintaan yang disebabkan oleh pandemi virus corona. Untuk tahun ini WTI turun 62 persen, sementara Brent telah turun 52 persen.

"Ini setidaknya merupakan bantuan sementara untuk industri energi dan ekonomi global," ungkap Kepala Analisis Rystad Energy Per Magnus Nysveen mengatakan kepada CNBC.

"Meskipun pengurangan produksi lebih kecil dari yang dibutuhkan pasar dan hanya menunda masalah kendala pembangunan stok, yang terburuk untuk saat ini dihindari," lanjut dia.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Trump

Presiden Donald Trump, yang sangat terlibat dalam tercapainya kesepakatan antara Arab Saudi dan Rusia setelah perang harga antara kedua negara. "Ini akan menghemat ratusan ribu pekerjaan energi di Amerika Serikat," tambahnya.

"Pemangkasan output mungkin sedikit membantu, tetapi situasi pasar tetap menumpuk terhadap produsen, terutama dalam jangka pendek," tambah John Kilduff dari Capital Again.

“Harga kemungkinan akan menurun, karena simpanan global minyak mentah tumbuh. Pengujian ulang level USD 20,00 kemungkinan selama beberapa minggu ke depan," tutur dia.

OPEC+ berharap bahwa negara-negara di luar grup, termasuk AS, Kanada dan Norwegia, juga akan mengurangi produksi dalam upaya untuk menopang harga. Trump mengatakan bahwa kekuatan pasar secara alami akan mengekang output.

Sekretaris Energi AS Dan Brouillette menegaskan kembali hal ini pada Jumat. Dia mengatakan bahwa sekitar 2 juta barel per hari produksi AS akan dimatikan pada akhir tahun ini, dengan jumlah yang berpotensi setinggi tiga juta.

“Krisis hari ini melampaui kepentingan negara mana pun dan membutuhkan respons yang cepat dan tegas dari kita semua. Kegagalan untuk bertindak memiliki konsekuensi yang jauh mencapai masing-masing ekonomi kita," katanya Jumat dalam sambutan yang disiapkan pada pertemuan G20.

"Ini adalah waktu bagi semua negara untuk secara serius memeriksa apa yang dapat dilakukan masing-masing negara untuk memperbaiki ketidakseimbangan pasokan atau permintaan," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.