Sukses

Upaya Baznas Bantu Pemerintah Tangani Corona Covid-19

Selama ini Baznas dan LAZ dapat menghimpun dana Zakat Infak atau Sedekah serta donasi perusahaan

Liputan6.com, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menegaskan seluruh penyaluran bantuan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19, baik secara sosial, kesehatan maupun ekonomi dapat diberikan untuk mereka yang benar benar membutuhkan, baik masyarakat muslim dan non muslim.

Direktur Utama Baznas, M Arifin Purwakananta menjelaskan, merujuk pada Surat Keputusan (SK) Ketua Baznaz No 64 tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat di lingkungan Baznas, tertulis bahwa di antara asnaf fakir adalah korban bencana alam dan bencana sosial, maka dapat meliputi orang beragama Islam dan non Islam.

“Saya mengimbau kepada seluruh Baznas, meliputi Baznas Provinsi, Baznas Kabupaten dan Kota, dan juga Lembaga Amil Zakat (LAZ) seluruh Indonesia untuk dapat mendistribusikan bantuan, baik kepada muslim maupun non muslim yang sangat membutuhkan dalam kondisi bencana seperti Covid-19 ini,” kata dia dalam keteranganya di Jakarta, Minggu (12/4/2020).

Selama ini Baznas dan LAZ dapat menghimpun dana Zakat Infak atau Sedekah serta donasi perusahaan. Dalam kondisi bencana dan kemanusiaan seperti Covid-19 Baznas dapat mengatur bantuan agar dapat membantu Muslim dan Non Muslim yang menderita akibat krisis ini.

Arifin menambahkan Baznas saat ini telah menjalankan berbagai program untuk membantu mereka yang berjuang dalam penanganan Covid-19 ini, salah satunya ada pendistribusian bantuan Alat Pelindung Diri serta logistik untuk tenaga medis di beberapa RS rujukan pasien Covid-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AKsi Pencegahan

Selain itu, terkait aksi pencegahan, Baznas juga melakukan gerakan pensterilan di titik-titik area publik, dengan melakukan penyemprotan disinfektan, penyediaan wastafel sehat, maupun mendorong pendirian Kampung Tanggap Bencana Covid-19.

“Kami juga memiliki bantuan untuk mereka yang terdampak secara ekonomi, lewat Cash for Work, pendampingan UKM lewat Gerai Mikro Tanggap Covid, dan juga penyaluran Paket Logistik Keluarga. Karena dampak kemanusiaan akibat pandemi ini sangat luas, seluruh bantuan yang disalurkan Baznas ini menyasar kepada masyarakat yang membutuhkan, tidak memandang muslim maupun non muslim,” jelasnya.

Dalam kondisi pandemi ini, Baznas juga terus melakukan langkah koordinasi dengan berbagai pihak salah satunya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sebagai upaya membantu pemerintah dalam penyelesaian penanggulangan bencana Covid-19. Selain itu BAZNAS bersama Forum Zakat (FOZ) dan Lembaga Amil Zakat se-Indonesia juga telah membentuk Crisis Center pencegahan penyebaran Covid-19.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Badan Amil Zakat atau disingkat menjadi Baznas adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional.

    Baznas

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • zakat

  • virus corona