Sukses

Deretan Miliarder Dunia yang Donasikan Hartanya untuk Tangani Wabah Corona

Seluruh masyarakat dunia bahu-membahu ikut membantu penanganan atau pengendalian wabah yang berasal dari Wuhan China ini, tak terkecuali para miliarder.

Liputan6.com, Jakarta - Wabah virus Corona terus meluas di belahan dunia. Beberapa negara telah mampu mengendalikan tetapi masih banyak juga negara tak mengalami ledakan jumlah penderita.

Seluruh masyarakat pun bahu-membahu ikut membantu penanganan atau pengendalian wabah yang berasal dari Wuhan China ini. Banyak hal yang bisa dilakukan seperti dengan social distancing hingga menyisihkan penghasilan untuk membantu tenaga medis.

Bahkan, para miliarder pun turut mendonasikan sebagian besar penghasilannya untuk menghadapi virus Corona. Tak tanggung-tanggung mereka mebgeluarkan miliaran bahkan triliunan untuk hal tersebut.

Dikutip dari Swara Tunaiku, Senin (13/4/2020), berikut ini daftar miliarder yang ikut menyubang untuk penanganan Corona:

1. Bill Gates

 

Melalui Bill and Melinda Foundation, Pendiri Microsoft ini mendonasikan uang sebesar USD 10 juta atau setara Rp136 miliar untuk menangani virus corona. Duit itu tidak cuma ke Tiongkok tapi juga ke Afrika. Masing-masing negara menerima USD 5 juta dari Gates.

Bill Gates menyumbangkan uang itu untuk biaya pengobatan, penyediaan obat-obatan, serta peningkatan fasilitas penunjang di daerah terinfeksi corona.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Jack Ma

Jack Ma merupakan orang terkaya di Tiongkok. Dia menyumbangkan dana senilai USD 14 juta atau Rp 191 miliar. Jack Ma menginstruksikan agar dana tersebut digunakan untuk pengembangan vaksin corona oleh Kementerian Kesehatan di Republik Tiongkok.

Bukan cuma individu, perusahaan yang didirikan Jack Ma, Alibaba juga tengah menghimpun dana sebesar USD 144 juta atau Rp 1,9 triliun. Uang itu akan digunakan untuk membantu rumah sakit di Wuhan.

 

3 dari 5 halaman

3. Baidu, Tencent, Huawei, dan ByteDance

Perusahaan raksasa teknologi di Tiongkok juga nggak mau ketinggalan untuk membantu penanganan virus corona. Mereka adalah Baidu, Tencent, Huawei, dan ByteDance. Bila digabungkan, perusahaan teknologi ini menyumbang dana senilai USD 115 juta atau Rp 1,5 triliun.

Sama seperti miliarder lainnya, dana sumbangan itu ditujukan untuk meneliti obat-obatan dan vaksin, serta membantu pemerintah daerah di Tiongkok. Bantuan dari Huawei sendiri dipakai untuk membantun rumah sakit darurat di Wuhan.

 

4 dari 5 halaman

4. Bernard Arnault dan Francois Pinault

Dua miliarder asal Prancis ini juga ikut menggelontorkan jutaan dolar untuk penanganan virus corona. Kedua CEO LVMH Moet Hennessy ini masing-masing menyumbang USD 2,3 juta atau Rp 31 miliar dan USD 1 juta atau Rp 13 miliar untuk penanganan virus corona.

 

5 dari 5 halaman

5. Apple

Tim Cook yang merupakan CEO Apple telah mengumumkan bahwa perusahaan yang dipimpinnya akan membantu penanggulangan corona di Tiongkok. Alasan mereka jelas, mengingat Tiongkok merupakan pasar terbesar dari Apple. Cook tidak menjelaskan jumlah sumbangannya.

Itulah daftar miliarder yang menyumbangkan hartanya untuk penanganan virus corona. Sebenarnya besar atau kecil sebuah sumbangan nggak jadi masalah, yang penting ikhlas. Namun mengingat besarnya biaya penanganan ini, tentu saja bantuan dari para miliarder ini jadi signifikan. Mudah-mudahan vaksin untuk virus corona segera ditemukan ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Donasi