Sukses

Permudah Pendaftaran Kartu Prakerja, Pemerintah Sediakan Komputer di Daerah

Tahap pendaftaran gelombang pertama Program Kartu Prakerja akan berlangsung hingga Kamis, 16 April 2020 pukul 16.00 WIB melalui situs prakerja.go.id.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah resmi membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja pada Sabtu, 11 April 2020 pukul 19.00 WIB. Pada gelombang pertama, pemarintah menargetkan jumlah peserta sebanyak 164 ribu orang.

Tahap pendaftaran gelombang pertama tersebut akan berlangsung hingga Kamis, 16 April 2020 pukul 16.00 WIB melalui situs prakerja.go.id.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan bantu beri pendampingan dan menyediakan komputer bagi masyarakat di daerah untuk mempermudah pendaftaran program Kartu Prakerja selama masa pandemi virus corona (Covid-19) sekarang ini.

"Pemerintah daerah melalui Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi UKM akan bantu berikan pendampingan pendaftaran dan sediakan beberapa komputer untuk masyarakat di tempat yang ditentukan pemda, sehingga dapat ikuti pendaftaran ataupun pelatihan yang akan dipilih," tuturnya dalam siaran pers online, Sabtu (11/4/2020).

Lebih lanjut, Airlangga meneruskan, para peserta yang belum diterima di gelombang pertama tidak perlu mendaftarkan dirinya kembali. Sebab, sistem telah mendata pendaftar untuk disisipkan di gelombang selanjutnya.

"Apabila di pendaftaran pertama belum diterima, itu bisa berlaku di gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang dari awal. Akan ada petunjuknya di web," ujar dia.

Dia juga menginformasikan, masyarakat yang alami kesulitan saat mendaftar Program Kartu Prakerja bisa menghubungi manajemen pelaksana Kartu Prakerja melalui layanan call centeri di (021) 25541246.

Selain itu, ia menambahkan, masyarakat juga bisa mengadukan keluh kesahnya via email ke info@prakerja.go.id setiap Senin sampai Jumat pukul 08.00-19.00 WIB.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Situs Kartu Prakerja Sudah Bisa Diakses, Yuk Daftar Sekarang!

Pemerintah meluncurkan Program Kartu Prakerja. Program ini memberikan bantuan biaya pelatihan bagi warga yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Jenis pelatihan yang dapat diambil dalam program Kartu Prakerja di masa wabah Corona Covid-19 adalah yang berbasis daring.

Platform digital yang bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja sampai saat ini antara lain: Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker.

jika kamu ingin mendaftar program Kartu Prakerja, dikutip dari laman resmi prakerja.go.id, Sabtu (11/4/2020), berikut caranya:

LANGKAH 1 : Daftarkan dirimu

Sebelum daftar, pastikan kamu:

- WNI

- Minimal berusia 18 tahun

- Sedang tidak menempuh pendidikan formal

Setelah daftar, data kamu akan kami verifikasi

LANGKAH 2 : Tes Motivasi dan Matematika Dasar

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat tulis seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

LANGKAH 3 : Pilih Pelatihan yang Kamu Inginkan

Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.

Jika sudah melalui ketiga langkah tersebut, berarti kamu sudah masuk dalam Program Kartu Prakerja, Selamat!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini