Sukses

Ikuti Protokol Penanganan Covid-19, Para Penyuluh dan Petani Sultra Tetap Gencar Produksi

Semangat para penyuluh pertanian dan petani yang berjuang menyediakan stok pangan ini dibuktikan dengan maraknya panen di beberapa provinsi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi menegaskan kembali arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), terkait pengawalan ketat ketersediaan 11 komoditas pokok kebutuhan masyarakat, di tengah pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19 ini sangat luar biasa dampaknya bagi aspek kehidupan kita. Namun pertanian tidak boleh berhenti terutama untuk melawan serangan ini. Sektor pertanian yang menyediakan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia. Masalah pangan sangat utama dalam kondisi apapun," kata Dedi di Jakarta, Rabu (8/4).

"Insan pertanian yang berjuang menyediakan pangan menjadi pejuang Covid-19. Ini saatnya kita menjadi pahlawan untuk menyelamatkan bangsa, tentunya dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 saat beraktivitas ditengah lapangan," lanjut Dedi.

Semangat para penyuluh pertanian dan petani yang berjuang menyediakan stok pangan ini dibuktikan dengan maraknya panen di beberapa provinsi di Indonesia. Sama halnya dengan para petani dari kelompok tani (Poktan) Subur Tani di Desa Marga Jaya, di Kecamatan Rorowatu Utara. Mereka terus berupaya melakukan panen, di tengah ancaman Covid-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Alsintan

Penyuluh pendamping Poktan Subur Tani, Yusriadi juga memotivasi dan memberikan pemahaman langsung kepada para petani di lapangan, maupun melalui komunikasi jarak jauh dalam melaksanakan aktivitasnya agar sesuai dengan ketentuan dan mematuhi Protokol Kesehatan WHO tentang pencegahan penularan virus Corona.

"Kami bersama anggota Poktan Subur Tani di Desa Marga Jaya, Kecamatan Rorowatu Utara tetap semangat panen padi walau virus Corona tengah mewabah," kata Yusriadi melalui pernyataan tertulis yang dihimpun Pusluhtan BPPSDMP Kementan di Jakarta, Selasa (7/4).

Ketua Poktan Subur Tani, Ketut Sudarko mengatakan luas panen mencapai 28 hektar merupakan milik 17 anggota Poktan yang tersebar dalam satu kecamatan. Para anggota berupaya maksimal untuk melakukan panen agar hemat waktu dan biaya dengan memanfaatkan alat mesin pertanian (Alsintan) combine harvester bantuan Kementan pada 2019.

Kecamatan Rorowatu Utara terdiri atas delapan desa dengan potensi lahan sawah sekitar 1.887 hektar, dengan katagori sawah tadah hujan, namun potensi panen dua kali dalam setahun (IP 200) bahkan bisa lima kali dalam dua tahun terakhir dengan produktivitas rata-rata 4,5 ton gabah kering panen (GKP) per hektar.

"Kami bersyukur hasil panen kali ini cukup baik. Bisa mencapai 4,5 ton per hektar sementara harga GKP sekitar Rp4.500 per kg. Bantuan Alsintan dari Kementan berupa mesin pengolah tanah, alat panen dan lainnya sangat memudahkan kami melakukan usaha tani sekaligus dapat menekan biaya produksi setiap musim tanam," kata Ketut Sudarko.

Sudarko yang juga mewakili petani setempat, mengapresiasi dukungan Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Rorowatu Utara selaku KostraTani, Ari Sadayanto dan penyuluh lapangan Yusriadi yang selalu aktif berinteraksi.

"Meskipun diintai corona, kami tidak bisa menunda panen. Instruksi Mentan melalui penyuluh tentang Protokol Kesehatan sangat kami patuhi. Utamanya adalah jaga jarak, hindari kerumunan, banyak minum, makan cukup, sering cuci tangan dengan sabun di air mengalir serta memakai masker, sangat kami patuhi karena petani tak ingin tertular virus corona," kata Ketut Sudarko.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini