Sukses

Imbas Corona, Volume Kendaraan di Tol Hutama Karya Anjlok hingga 75 Persen

Saat ini terjadi penurunan volume kendaraan yang melintas di beberapa ruas tol yang dikelola Hutama Karya, baik di Sumatra maupun di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) Tbk melaporkan adanya penurunan lalu lintas harian di sejumlah ruas tol yang dikelola perseroan hingga 75 persen.

Ini terjadi lantaran semakin meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19) yang membuat mayoritas masyarakat tak banyak berkegiatan di luar rumah.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J Aries Dewantoro, mengatakan bahwa saat ini terjadi penurunan volume kendaraan yang melintas di beberapa ruas tol yang dikelola pihaknya, baik di Sumatra maupun di Jakarta.

"Rata-rata penurunan lalu lintas harian mencapai 50 persen dimana yang paling signifikan terlihat adalah di Tol JORR seksi S yang mencapai 51 persen dan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) yang mencapai 75 persen dalam sepekan terakhir," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (8/4/2020).

Lebih lanjut, ia menyampaikan, penurunan lalu lintas harian ini merupakan imbas penyebaran virus corona yang semakin meluas baik di Jakarta maupun di Sumatra.

Di samping itu dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai pembatasan sosial serta himbauan untuk bekerja dan berkegiatan dari rumah, membuat mobilitas pengguna tol turun drastis.

"Operasional di seluruh cabang tol hingga saat ini masih berjalan normal. Namun volume kendaraannya menjadi lebih sepi dari biasanya karena banyak masyarakat yang mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah aja," ujar Aries.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Kebijakan Pemerintah

Kendati demikian, Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona di Indonesia.

Seperti akan mengikuti instruksi dari pemerintah dalam pengelolaan ruas tol yang dikelolanya, termasuk apabila diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah operasional tolnya.

"Untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19, Hutama Karya telah melakukan berbagai tindakan preventif, khususnya di ruas tol yang dikelolanya," kata dia.

"Mulai dari penyemprotan disinfektan secara rutin dan penyediaan hand sanitizer di seluruh gerbang tol, pengecekan suhu tubuh kepada seluruh petugas tol setiap pergantian shift, pembagian tongkat tol gratis di tol Medan-Binjai (Medbi), hingga penyemprotan disinfektan di Rest Area tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka)," tutur Aries.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini